Pengembangan sistem pengelolaan pengetahuan dengan pendekatan Heutagogi pada CMOOC komunitas akademik perguruan tinggi

Kusumawati, Ririen ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6090-7219 (2020) Pengembangan sistem pengelolaan pengetahuan dengan pendekatan Heutagogi pada CMOOC komunitas akademik perguruan tinggi. Research Report. PMU UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
10012.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sistem pengelolaan pengetahuan terbuka berbasis web merupakan paradigma pendidikan baru di era teknologi informasi. Sebagian besar universitas di dunia, menjadikan sistem pengelolaan pengetahuan sebagai aset strategis untuk membuat pendidikan dapat diakses oleh siapa saja tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Massive Open Online Course (MOOC) memainkan peran penting dalam mendemokratisasi pembelajaran dan pendidikan online dengan mengembangkan model pembelajaran kolaboratif melalui forum pengguna interaktif yang dapat membatu dalam membangun komunitas akademik.
Pendekatan heutagogi layak diterapkan dalam pembelajaran pada konteks similarity project. Pendekatan pembelajaran yang menggunakan heutagogy dimaksudkan untuk memberikan kemampuan dan memberikan motivasi kepada pebelajar untuk memutuskan sendiri apa dalam lingkungan kerja tertentu. Kemampuan berkolaborasi dalam memutuskan memerlukan dukungan fitur diskusi online sinkron yang efektif. Lingkungan belajar yang didukung sistem kolaboratif secara terus menerus perlu dikembangkan.
Pengembangan MOOC menjadi komunitas kegiatan belajar dan pembelajaran yang mengkonstruksi pemikiran pebelajar secara kolaboratif sebagai fasilitas kepada peserta MOOC. Kebaharuan dalam MOOC memunculkan koneksi MOOC yang dibangun oleh pebelajar sendiri dengan membuat koneksi-koneksi konten belajar di luar MOOC induk yang dikerjakan dosen sebagai wujud tindakan kolaborasi. Sehingga konten pengembangan MOOC akan memiliki koneksi tanpa batas dan terkait satu dengan yang lainnya.
Pengembangan cMOOC (connectivity-MOOC) pada umumnya mengharuskan adanya kesiapan konten pada awal pengembangan saja. Produk pengembangan dalam penelitian ini merupakan web cMOOC komunitas, di mana, cMOOC induk dibuat terlebih dahulu dan konten akan berkembang dengan penguatan konten-konten pembelajaran berdasarkan pemikiran pebelajar yang terdaftar di MOOC yang telah terverifikasi oleh pengembang cMOOC induknya. Pendekatan heutagogi yang disajikan dalam cMOOC meningkatkan kemampuan kolektif pada kolaborasi dalam similarity project. Pendekatan heutagogi termasuk dengan kegiatan scaffolding prosedur meliputi bagaimana penguatan proses dan bagaimana penggunaan ruang diskusi online yang sinkron untuk memfasilitasi praktik kolaboratif dalam kondisi menyelesaikan permasalahan bersama dalam lingkungan belajar pada kondisi similarity project.
Pendekatan heutagogi sangat selaras dengan teknologi Web 2.0 yang diimplementasikan dalam web cMOOC komunitas (SIPETA). Kemampuan pebelajar untuk menentukan nasib sendiri melekat dalam sistem: web non-linear, memungkinkan pelajar untuk memutuskan secara acak apa dan bagaimana pebelajar akan belajar, menawarkan kesempatan bagi pebelajar untuk membuat, terhubung, berkomunikasi dan berkolaborasi. Atribut kunci heutagogi selaras dengan baik dengan peraturan Web 2.0 dan termasuk pembelajaran loop ganda, fokus pada pengembangan kapabilitas, desain non-linear dan pendekatan pembelajaran serta kolaborasi kelompok dalam pengembangan pengetahuan baru.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: sistem pengelolaan pengetahuan; Heutagogi; CMOOC; komunitas akademik
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080309 Software Engineering
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080608 Information Systems Development Methodologies
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0899 Other Information and Computing Sciences
09 ENGINEERING > 0915 Interdisciplinary Engineering
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Ririen Kusumawati
Date Deposited: 10 Jan 2022 14:06

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item