Penerapan IoT untuk pengaturan tingkat kesulitan adaptif dalam game berbasis kemampuan pemain

Nugroho, Fresy (2021) Penerapan IoT untuk pengaturan tingkat kesulitan adaptif dalam game berbasis kemampuan pemain. In: Penerapan IoT untuk pengaturan tingkat kesulitan adaptif dalam game berbasis kemampuan pemain. Nuta Media, Yogyakarta, pp. 72-85. ISBN 978-623-6040-80-5 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
10073.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu solusi guna mencapai pengaturan level kesulitan yang bersifat personal dan adaptif, adalah pengaturan kesulitan secara dinamis (DDA – Dynamic Difficulty Adjustment). Dimana DDA merupakan metode untuk melakukan modifikasi scenario, perilaku dan fitur secara langsung dan otomatis, tergantung pada capaian pemain. Sehingga Ketika permainan berada pada tingkat yang sederhana, pemain tidak merasa bosan. Begitu pula saat permainan berada pada tingkat kesulitan yang tinggi, maka pemain tidak merasa frustasi. Dalam permainan tradisional, tingkat kesulitan meningkat secara linier atau bertahap selama permainan. Fitur-fitur seperti frekuensi, tingkat awal, atau tingkat hanya dapat diatur di awal permainan dengan memilih tingkat kesulitan.

Item Type: Book Section
Keywords: Internet of Things; kesulitan adaptif; game
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080305 Multimedia Programming
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Fresy Nugroho
Date Deposited: 13 Jan 2022 14:56

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item