Desain serious game pendidikan Islam dan lingkungan hidup untuk Madrasah Ibtidaiyah

Nugroho, Fresy ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9448-316X, Basid, Puspa Miladin Nuraida Safitri A, Ningrum, Dian Eka Aprilia Fitria ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8240-9306 and Dermawan, Dodik Arwin (2021) Desain serious game pendidikan Islam dan lingkungan hidup untuk Madrasah Ibtidaiyah. Presented at The 4th Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2021), 15 Dec 2021, Malang.

[img]
Preview
Text
10078.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Gagasan menumbuhkembangkan kecintaan pada lingkungan hidup di dunia pendidikan islam, telah di prakarsai Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Bone dengan mengintegrasikan dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam. Namun selama pandemi, proses belajar mengajar lebih banyak menggunakan e-learning. Tidak dapat dipungkiri, bahwa proses belajar secara daring, menimbulkan kebosanan. Sebagai alternatif, agar proses belajar bersifat menyenangkan, antara lain adalah dengan belajar melalui game. Agar lebih terarah proses belajar yang dilakukan, dapat di gunakan serious game. Model serious game yg diajukan peneliti berdasarkan model berbasis teori aktivitas. Sisi edukasi dalam serious game, menerapkan taksonomi Bloom, untuk mengupas setiap sisi pembelajaran yang dibidik, karena terbukti unggul. Elemen penyusun game, secara garis besar adalah lingkungan bermain, misi, skor, alur cerita dan Pemeran Bukan Pemain(PBP). PBP didesain sebagai sahabat yang harus dibangkitkan rasa kecintaan terhadap lingkungan hidup oleh siswa. Dalam serious game ini, fitur rasa cinta lingkungan hidup PBP yang dibangkitkan terdiri dari kognitif, pengertian, wawasan dan sikap kelakuan mencintai lingkungan hidup, serta perilaku penerapan doa dan adab yang islami. Metode Kecerdasan Buatan(KB) difungsikan guna proses pembentukan kelakuan PBP. Serious Game Pendidikan Islam dan Lingkungan Hidup (SGPILH), diajukan peneliti, untuk menjembatani proses belajar mengajar pada siswa yg menyenangkan.

Item Type: Conference (Speech)
Keywords: serious game; pendidikan Islam dan lingkungan hidup; teori berbasis aktivitas; taksonomi Bloom; kecerdasan buatan
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080305 Multimedia Programming
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Fresy Nugroho
Date Deposited: 13 Jan 2022 14:40

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item