Rekondisi metode mengajar bahasa Arab: studi naratif pengalaman tutur

Utama, Mohammad Pansha Adhi and Muassomah, Muassomah ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0177-8896 (2021) Rekondisi metode mengajar bahasa Arab: studi naratif pengalaman tutur. At-Tuhfah: Jurnal Keislaman, 10 (1). pp. 1-12. ISSN 2614-493X

[img]
Preview
Text
10161.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (318kB) | Preview
Full text available at: http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/at-tuhf...

Abstract

Perjalanan seseorang dalam mempelajari apapun termasuk bahasa Arab sangat penting untuk diketahui, sebagai acuan dan pengalaman yang dapat ditiru untuk diaplikasikan bagi siapa saja. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang dan pengalaman tutor bahasa arab yang tergabung dalam sebuah tim bernama El-Lughah dalam merekondisi metode mengajar bahasa arab di Kelas Idaman SMA An-Nur 2 Bululawang, Malang. Pendekatan dalam penelitian ini berupa kualitatif dengan desain studi naratif pengelaman tutur dari kelima partisipan yang tergabung dalam tim bernama El-Lughah. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran bukan hanya sekedar proses sturktural statis melainkan dinamis. Kemampuan dan keahlian profesi yang dimiliki seorang pendidik sangat diperlukan untuk mwujudkan sebuah proses pembelajaran yang baik. Di sisi lain kreatifitas dan ketangguhan serang pendidik juga di perlukan dalam menghadapi tantangan dan menyelesaikan masalah dalam pembelajaran. Sehingga tujuan dan cita-cita pembelajaran yang ditentukan dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Journal Article
Keywords: studi naratif; metode mengajar; pengalaman tutur
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Muassomah Muassomah
Date Deposited: 14 Feb 2022 14:05

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item