Sebelum Trenggalek kini: remah-remah peradaban kerajaan agraris

Surur, Misbahus (2019) Sebelum Trenggalek kini: remah-remah peradaban kerajaan agraris. I, I . Penerbit Intrans Publishing, Malang. ISBN 978-602-53281-4-5 UNSPECIFIED : Surur, Misbahus.

[img]
Preview
Text
10285.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Mulanya bahan baku buku ini adalah esai pendek membahas tanah-tanah perdikan di Trenggalek. Lalu naskah menjadi tebal karena membahas tanah-tanah perdikan dengan bahan baku transkrip-transkrip prasasti tersebut tak cukup jika cuma dalam bentuk esai pendek. Penulis selalu berpandu pada pesan Boechari—seorang maestro epigrafi Indonesia—kita tidak bisa mengharapkan semua data akan berisi keterangan yang lengkap. Kita harus menjalin sebuah cerita di sekitar sejumlah fakta yang tersebar dari berbagai data seperti seekor laba-laba yang mesti menjalin sarangnya di antara ranting-ranting pohonan.
Buku ini melacak dan mengulas prasasti-prasasti yang pernah ditemukan di Trenggalek dari periode Hindu-Budha, yakni sejak zaman Mataram Kuno, yakni zaman Mpu Sindok hingga masa Majapahit akhir. Karena memang tonggak pancang munculnya daerah Trenggalek berawal dari wilayah perdikan (sīma). Penulis mengulas dan mempelajari daerah perdikan serta segala hal yang berada di sekitar perdikan dengan mendalam. Melacaknya ke belakang: ke masa-masa kerajaan yang lebih awal (lebih tua) yang pernah ada di Trenggalek.
Di antara prasasti-prasasti yang diulas di buku ini adalah: Prasasti Kampak, Prasasti Baru, Prasasti Kamulan, Prasasti Bendosari, Prasasti Sorodakan dan beberapa prasasti lain. Dan, terutama penulis juga melakukan pelacakan asal-usul wilayah dan nama Trenggalek sendiri.

Item Type: Book
Keywords: Trenggalek; perdikan; prasasti
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2101 Archaeology > 210108 Historical Archaeology (incl. Industrial Archaeology)
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Misbahus Surur
Date Deposited: 23 Mar 2022 11:48

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item