Persepsi serta peran orang tua dan guru terhadap pentingnya stimulasi literasi pada anak usia dini

Solichah, Novia, Solehah, Hilmi Yatun and Hikam, Rafidatul (2022) Persepsi serta peran orang tua dan guru terhadap pentingnya stimulasi literasi pada anak usia dini. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (5). pp. 3931-3943. ISSN 2549-8959

[img] Text
10342.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (274kB)

Abstract

Stimulasi literasi perlu diberikan sejak dini untuk meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini sehingga anak dapat lebih siap menghadapi tahap perkembangan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi dan peran orang tua dan guru dalam memberikan stimulasi literasi pada anak usia dini. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan terhadap 5 orang tua dan 5 guru dari RA Manarul Huda dan RAMNU Citra Kartini Malang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa orang tua dan guru sudah menyadari bahwa pemberian stimulasi literasi sangat penting bagi kebutuhan perkembangan anak usia dini agar anak dapat memiliki kemampuan serta keterampilan untuk menguasai perkembangan tahap lanjut, namun terdapat persepsi yang kurang tepat pada tujuan pemberian stimulasi literasi bagi anak usia dini yaitu adanya harapan agar anak dapat segera bisa membaca, sehingga dalam menjalankan perannya masih terdapat orang tua dan guru yang memberikan stimulasi yang kurang sesuai dan bersifat drill.

Item Type: Journal Article
Keywords: literasi dini; peran orangtua; peran guru; persepsi guru; persepsi orang tua.
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Novia Solichah
Date Deposited: 07 Apr 2022 08:50

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item