Jangan sampai kampus Islam lupa al-Qur'an: kajian hermeneutika fenomenologis Hai’ah Tahfizh Al-Qur’an UIN Maliki Malang

Prastyo, Angga Teguh ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4572-6801 (2014) Jangan sampai kampus Islam lupa al-Qur'an: kajian hermeneutika fenomenologis Hai’ah Tahfizh Al-Qur’an UIN Maliki Malang. Presented at Annual International Conference On Islamic Studies (AICIS) Ke-14 Tahun 2014, 21-24 Sep 2014, Samarinda, Kalimantan Timur.

[img] Text
10376.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Institusionalisasi budaya hafalan al-Qur’an menjadi sebuah keniscayaan, diferensiasi dan positioning perguruan tinggi agama Islam dengan perguruan tinggi lain. Al-Qur’an harusnya menjadi basis kehidupan akademik dan spiritualitas perguruan tinggi Islam. Budaya menghafal al-Qur’an membawa tradisi intelektual baru di UIN Maliki Malang.Budaya menghafal al-Qur’an memberi trendsetter baru terhadap proses pengembangan keilmuan yang bersifat integratif. Penggunaan Hermeneutika fenomenologis memiliki fungsi deskriptif untuk menegaskan fakta maupun nilai-nilai (noumenon) dari fenomena kebudayaan hafalan al-Qur’an maupun akademik sivitas akademika UIN Maliki Malang. Penelitian diharapkan mampu menjadi perintis dalam aspek fundamental pengem budaya menghafal al-Qur’an sebagai tradisi besar (great tradition) perguruan tinggi Islam. Ini yang menjadi acuan dalam membangun identitas PTAI yang indigenous sehingga memiliki karakteristik pengembangan keilmuan integratif-unik yang membedakannya dengan perguruan tinggi umum

Item Type: Conference (Paper)
Keywords: Hai’ah Tahfizh Al-Qur’an; akademik; spiritual
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Angga Teguh Prastyo
Date Deposited: 05 Apr 2022 14:00

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item