Asrori, Mohammad and Kawakip, Akhmad Nurul and Yahya, Mokhammad and Maarif, Muhammad Anas and Sirojuddin, Akhmad and Prasetiyo, Agung (2022) Model pendidikan moderasi beragama di Indonesia dan Malaysia. 000335550.
|
Text
10412.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini ingin menguak bagaimana model pendidikan moderasi beragama di Indonesia dan di Malaysia. Temuan dalam penelitian ini terpetakan menjadi tiga bagian yaitu, nilai-nilai (indikator) moderasi (wasathiyyah), konsep dan model moderasi beragama serta model pendidikan dan sosialisasi moderasi beragama di Indonesia dan Malaysia. Adapun nilai-nilai moderasi beragama di Indonesia meliputi komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan penerimaan terhadap tradisi. Sementara nilai-nilai moderasi yang ada di Malaysia ditunjukkan dengan sikap sayang, gembira dan selanjutnya konsep dan model dalam moderasi di Indonesia ditekankan pada menjaga keselamatan jiwa, menjunjung tinggi keadaban, menghormati harkat martabat manusia, mewujudkan perdamaian, mnghargai kemajemukan dan mentaati komitmen bangsa. Sementara di Malaysia ditekankan pada Ketuhanan. Spiritual, sosialisme, HAM berdasarkn keperluan masyarakat, nilai agama dan budaya.
Item Type: | Hak Cipta |
---|---|
Keywords: | model; pendidikan; moderasi agama |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
Depositing User: | Agung Prasetiyo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 11:13 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |