Strategi wisata halal sebagai city branding Kota Wisata Batu (studi pada dinas pariwisata pemerintah Kota Batu)

Slamet, Slamet (2020) Strategi wisata halal sebagai city branding Kota Wisata Batu (studi pada dinas pariwisata pemerintah Kota Batu). 000175429.

[img] Text
10481.pdf

Download (769kB)

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu kebutuhan manusia, yang saat ini banyak berkembang di Indonesia. Destinasi wisata yang cukup beragama di Jawa Timur yaitu Kota Batu. Pada bulan April 2018, Pemerintah Kota Batu mendapatkan penghargaan sebagai destinasi Wisata Halal dari Kementerian Pariwisata bersama 17 Kota/Kabupaten di Indonesia. Oleh sebab itu, dibalik penghargaan tersebut tentunya ada kebijakan, konsep, dan langkah strategis yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Batu.
Tujuan Penelitian adalah untuk mengungkapkan dan mengkaji konsep dan strategi yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Batu dalam mengembangkan destinasi Wisata Halal. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis data sebagai unit analisisnya adalah data kualitatif didukung dengan data kuantitatif. Sumber data diperoleh melalui sumber primer dan sekunder, dengan teknik pengambilan data wawancara, survei, observasi dan dokumen. Keempat teknik ini digunakan dalam rangka memperkaya data. Adapun analisis data menggunakan pendekatan Domain Analysis.
Hasil dan temuan penelitian menunjukkan bahwa kebijakan Pemerintah Kota Batu sebagai destinasi wisata dengan Kota Wisata Batu (KWB) dengan tagline Batu Shinning dan tetap menonojolkan serta mengembangkan Agro Bisnis sebagai Distinctive Competence. Sementara pengembangan destinasi Wisata Halal, sesungguhnya belum menjadi kebijakan dan program Pemerintah Kota Batu. Penghargaan tersebut, sesungguhnya diperoleh atas kesadaran para pengelola wisata, pelaku usaha kuliner, pengelola hotel dan penginapan lainnya. Mereka memahami dan sadar bahwa sebagian besar wisatawan yang datang ke Kota Batu adalah muslim. Selain itu, juga didukung oleh demografi dan kesadaran masyarakat yang religius..

Item Type: Hak Cipta
Keywords: destinasi wisata halal; city branding; dan strategi
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Slamet Slamet
Date Deposited: 21 Apr 2022 09:20

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item