Toifah, Nur (2021) Camtasia studio: software multimedia dalam pembelajaran menyimak Arab di era industri 4.0. Tarling: Journal of Language Education, 5 (1). pp. 71-91. ISSN 2614-4271
|
Text
10493.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (663kB) | Preview |
Abstract
Seorang pengajar adalah ujung tombak pendidikan, ia harus mampu merevolusi proses pengajarannya dengan baik, yaitu dengan mengubah kurikulum, strategi, materi, evaluasi, juga media pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan revolusi industry 4.0. Hal itu menjadi tanggung jawab semua pengajar, termasuk pengajar bahasa Arab dalam keterampilan menyimak Arab di kelas ST. 12 Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang menggunakan media software Camtasia studio dalam pembelajaran menyimak Arab. Metode dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Media ini bermanfaat bagi peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar mereka, merubah tingkah laku, memberikan motivasi baru dan penyegaran, memberikan pelajaran yang bermakna, memperluas pengalaman dan wawasan, serta tercapainya tujuan pembelajaran menyimak Arab, juga mempersiapkan mereka dalam menghadapi era revolusi industry 4.0. Hasil dari peneletian ini adalah pembelajaran menyimak Arab dengan media software Camtasia studio memiliki tiga tahapan, yaitu tahap pendahuluan, yang mencakup orientasi, apersepsi, motivasi, pemberian acuan, ke-dua: tahap inti pembelajaran, yang mencakup mengamati, mengeksplorasi, mengasosiasi, mengkomunikasi, dan ke-tiga: tahap penutup, yang mencakup pengambilan kesimpulan, refleksi dan evaluasi, motivasi, serta penutup do’a juga salam.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | menyimak Arab; software multimedia; camtasia studio |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education |
Depositing User: | Nur Toifah |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 10:10 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |