Potret keharmonisan keluarga di masa pandemi pada ibu rumah tangga di Kota Malang

Isroqunnajah, Isroqunnajah and Zamroni, Zamroni (2022) Potret keharmonisan keluarga di masa pandemi pada ibu rumah tangga di Kota Malang. 000328589.

[img]
Preview
Text
10502.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mewabahnya pandemi baru–Coronavirus Disease 2019 (COVID-19)–secara global dan masif menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat dunia dalam mempertahankan eksistensinya dari ketidakpastian kapan wabah ini akan berakhir. Terjadinya perubahan dan penyesuaian atas situasi baru yang menyebabkan sebagian besar aktivitas dilakukan di rumah, hal-hal yang terasa asing atau bahkan menjenuhkan sangat mungkin terjadi dan mengganggu keharmonisan antar individu.

Sebagai sesuatu yang mengiringi dinamika kehidupan manusia, harmonisasi dapat mengalami berbagai gangguan yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal, diantaranya adalah situasi pandemi yang sedang terjadi saat ini. Harmonisasi dalam keluarga memegang peranan penting dalam meningkatkan dan mempertahankan hubungan antar anggota keluarga di tengah situasi pandemi yang menuntut penyesuaian (adaptasi) dan fleksibilitas sebagai pedoman strategis. Hal tersebut dapat menjadi cara dalam menjalin komunikasi yang baik antar sesama, saling mendukung bagi peningkatan kualitas sumberdaya manusia, dan membentuk karakteristik yang positif bagi setiap individu dalam menjalin relasi yang baik.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: keharmonisan keluarga; ibu rumah tangga
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1603 Demography > 160301 Family and Household Studies
Divisions: Faculty of Sharia and Law > Department al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Isroqunnajah Isroqunnajah
Date Deposited: 26 Apr 2022 11:15

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item