Manajemen strategik (sebuah kajian dalam pendidikan Islam)

Haekal, TM, Astuti, Widji, Wahyudi, Muhammad Ali, Rhomantoro, Rahmat Azazi, Slamet, Slamet ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5583-5425, Algivari, Abie Maulana, Hasanah, Siti Muawanatul, Soleh, Achmad Khudori, Affandi, M. Arief, Hadi, Samsul, Fajri, Yudi, Muhsin, M., Naim, Zaedun, Yusuf, Mochamad Irfan, Slamet, Slamet ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5583-5425 and Adhim, Fauzan (2021) Manajemen strategik (sebuah kajian dalam pendidikan Islam). CV. Literasi Nusantara Abadi, Malang. ISBN 978-623-329-311-2 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
10514.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Buku ini memuat makalah hasil kajian literatur beberapa dosen, alumni, dan mahasiswa Program Doktor Angkatan Tahun 2020, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Makalah yang diterbitkan ini berkaitan langsung dengan kajian literatur dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam. Makalah mahasiswa merupakan tugas akhir matakuliah Manajemen Strategik Pengembangan Pendidikan Islam yang diampuh oleh Prof. Dr. Widji Astutik, MM, CPMA dan Slamet, SE., MM., PhD. Tujuan umum buku ini adalah untuk memperkaya khasanah keilmuan di bidang Manajemen Pendidikan Islam. Tujuan khusus yaitu untuk mendorong dan mengajak mahasiswa Program Doktor untuk menulis secara kritis secara akademik. Menulis kritis dapat dimanifestasikan dalam bentuk makalah dengan pendekatan Critical Analysis. Tujuan lain dari publikasi makalah mahasiswa dalam bentuk buku ini yaitu agar mahasiswa ikut bertanggungjawab atas makalah yang dikumpulkan kepada dosen. Karena disinyalir banyak mahasiswa, ketika mengumpulkan tugas-tugas kuliah, motivasinya tidak lebih sekedar nilai akhir.
Yang patut difahami setiap mahasiswa Program Doktor yaitu syarat mendapatkan gelar doktor wajib menulis disertasi. Menulis disertasi dapat dilakukan melalui kajian kritis dan mendalami literatur-literatur yang relevan ditambahkan dengan proses penelitian. Disertasi sangat berbeda dengan tesis atau skripsi. Disertasi merupakan gambaran core competence seorang doktor. Ketika seseorang menulis disertasi dengan tema “Manajemen Kurikulum” misalnya, maka publik menganggap seorang doktor tersebut pakar di bidang manajemen kurikulum. Oleh sebab itu, membuat makalah dengan pendekatan critical analysis merupakan syarat wajib bagi setiap mahasiswa program doktor. Menulis makalah dengan pendekatan critical analysis yang diberikan oleh setiap dosen pengampu, sesungguhnya merupakan bagian dari proses menulis disertasi. Dengan demikian, mahasiswa Program Doktor menulis makalah merupakan bagian penting dari proses menulis disertasi.
Sebagai editor, menyadari bahwa makalah-makalah yang diterbitkan dalam buku ini tidak semuanya memiliki bobot di mata pembaca, tetapi yang patut dihargai adalah sumbangsih hasil pemikiran dalam pengembangan khasanah akademik, khususnya di lingkungan Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Sekaligus memberikan pembelajaran kepada mahasiswa dan ikut bertanggungjawab bahwa tugas-tugas dalam bentuk makalah dibaca, tidak saja oleh dosen pengampu, tetapi dibaca oleh publik akademik. Menerbitkan makalah mahasiswa sebagai tugas akhir – matakuliah Manajemen Strategik Pengembangan Pendidikan Islam – dalam bentuk buku merupakan yang pertama kali dan akan dilanjutkan pada makalah mahasiswa Program Doktor Angkatan berikutnya.
Tema besar buku ini adalah manajemen strategik dalam konteks Pendidikan Islam. Manajemen strategik merupakan proses menentukan (strategic formulation), mengimplementasikan (strategic implementation), dan mengevaluasi (strategic evaluation) arah strategis yang ingin dicapai. Arah strategis tergambar pada pernyataan visi. Sebagian besar makalah dalam buku ini mengangkat tema “Kepemimpinan”. Kepemimpinan merupakan bagian kecil dari proses menentukan dan mencapai arah strategis. Oleh sebab itu, diharapkan buku selanjutnya akan lebih memperluas dan memperkaya wawasan dan pemahaman tentang Manajemen Strategik Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia.

Item Type: Book
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Slamet Slamet
Date Deposited: 25 Apr 2022 11:09

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item