Slamet, Slamet ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5583-5425 and Esha, Muhammad In'am ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8269-248X (2020) Kinerja perguruan tinggi islam negeri badan layanan umum di Indonesia: perspektif balance scorecard. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)
Text
10529.pdf Download (5MB) |
Abstract
Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang berjumlah 58 perguruan tinggi. Perguruan tinggi ini berada dibawah pembinaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama. Sejak tahun 2008 sampai dengan sekarang terdapat 17 perguruan tinggi yang mendapatkan mandat Badan Layanan Umum dari Kementerian Keuangan. Tujuan Badan Layanan Umum adalah untuk meningkatkan pelayanan pendidikan tinggi kepada masyarakat. Yang mana, PTKIN diberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai dan membandingkan kinerja Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang sudah mendapatkan mandat Badan Layanan Umum dengan pendekatan Balance Scorecard. Desain penelitian menggunakan paradigma penelitian kualitatif dengan rancangan multi kasus. Penelitian dilakukan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, dan UIN Alauddin Makasar. Sumber data bersifat data sekunder. Oleh karena masa Pandemi Covid-19, wawancara tidak dapat dilakukan, maka data dikumpulkan melalui teknik dokumen dengan bantuan peneliti dimasing-masing objek penelitian. Instrumen penelitian berupa panduan kebutuhan data yang disesuaikan dengan empat perspektif dalam Balance Scorecard. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis tren dan data kualitatif menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Untuk mengukur kinerja, dianalisis denganc cara membandingkan dengan target kinerja dan/atau analisis tren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja dalam perspektif keuangan, tiga UIN telah mempunyai kinerja positif dan UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta kategori cukup. Kinerja dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan antara UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kategori empat baik dan satu cukup. UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta dan UIN Alauddin Makasar kategori tiga kategori baik, satu kategori cukup, dan satu kategori rendah. Untuk kinerja dalam perspektif stakeholder secara umum kategori baik dan mendapat respon positif. Sementara, kinerja dalam perspektif bisnis/operasional internal keempat UIN sebagai objek penelitian dalam kategoti efektif.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management |
Depositing User: | Slamet Slamet |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 10:52 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |