Wealth management dalam pengembangan perguruan tinggi badan layanan umum (studi multisitus pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)

Slamet, Slamet ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5583-5425, Hidayatullah, Achmad Diny ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1370-6569 and Mustolik, Imam Bani (2021) Wealth management dalam pengembangan perguruan tinggi badan layanan umum (studi multisitus pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri). Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img] Text
10532.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini yaitu mengungkapkan dan mendeskripsikan pengetahuan Pengelola Badan Layanan Umum (BLU) dan praktek wealth management di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Dasar argumentasinya adalah masih rendahnya Penerimaan Negara Bukan Pajak yang bersumber dari non-akademik. Diduga praktek wealth management belum dioptimalkan dan belum dilaksanakan secara profesional. Desain penelitian menggunakan paradigma penelitian kualitatif dengan pendekatan multi situs dengan objek penelitian Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan UIN Walisongo Semarang. Sumber data primer dan sekunder dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan pendekatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan wawancara yaitu Pengelola BLU Kegiatan observasi yaitu mengamati praktek pemanfaatan aset pada Pusat Pengembangan Bisnisi (P2B). Dokumen organisasi & tata kerja dan statuta merupakan data sekunder. Pengabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif dengan pendekatan domain analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelola BLU masih level menerapkan dan belum sampai pada analisis, evaluasi, dan menciptakan apa yang dimandatkan oleh BLU. Kondisi ini diduga bahwa statuta universitas belum terintegrasi dengan mandat BLU. Temuan kedua yaitu praktek wealth management belum dilakukan secara optimal dan profesional. Hal ini dibuktikan lemahnya pengelolaan idle cash dan masih fokus pada pemanfaatan aset yang bersifat idle dan melakukan bisnis penyediaan barang/jasa. Intangible asset yang justru potensial yang dimiliki oleh perguruan tinggi belum dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan pengembangan BLU. Kondisi ini disebabkan oleh struktur kelembagaan P2B yang menjadi ujung tombak dalam wealth management masih sebagai unit pelaksana teknis dan belum dijadikan unit kerja yang bersifat strategis.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: wealth; wealth management; PTKIN; Badan Layanan Umum
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Slamet Slamet
Date Deposited: 26 Apr 2022 10:51

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item