Desain prototipe reaktor plasma untuk Plasma Activated Water (PAW) sebagai pupuk cair nitrogen menggunakan Dielectric Barrier Discharge (DBD), Internet of Things (IoT) dan logika kabur

Suhartono, Suhartono, Chamidy, Totok and Prayoga, Edy (2021) Desain prototipe reaktor plasma untuk Plasma Activated Water (PAW) sebagai pupuk cair nitrogen menggunakan Dielectric Barrier Discharge (DBD), Internet of Things (IoT) dan logika kabur. Academia Publishing, Indonesia. ISBN 9786239852214 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
10543.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Produksi plasma activated water dilakukan di dalam reaktor plasma DBD yaitu dilakukan pada tegangan tinggi 3kV. Proses produksi plasma activated water terjadi pada reaktor plasma DBD dengan nitrogen, air, udara dan plasma di dalam reaktor. Sistem kendali larutan plasma activated water dengan metode Fuzzy Logic telah berhasil dirancang dan diimplementasikan. Sistem pengendalian juga diintegrasikan dengan teknologi IoT untuk memudahkan pemantauan larutan plasma activated water. metode Fuzzy Logic mampu menjaga kestabilan pH pada rentang 6,5-7,5. Nilai DTS, pH dan suhu juga berhasil ditampilkan pada antarmuka situs web untuk memudahkan pengguna dalam memantau kondisi larutan plasma activated water.

Item Type: Book
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Dr Suhartono M.Kom
Date Deposited: 28 Apr 2022 13:41

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item