Khasanah, Maulidatul and Antariksa, Walid Fajar (2021) Implementasi presensi elektronik untuk meningkatkan kedisiplinan guru dan pegawai di sekolah dasar Islam. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3 (2). ISSN 2716-246X
|
Text
10547.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (649kB) | Preview |
Abstract
Beberapa lembaga pendidikan telah menerapkan sistem presensi elektronik model fingerprint untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai dan guru. Penerapan presensi elektronik dengan model fingerprint memiliki kelebihan dalam pencatatan dibanding presensi manual. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi presensi elektronik di sekolah dan dampaknya dalam meningkatkan kedisiplinan pegawai dan guru. Lokasi dalam penelitian ini adalah di sebuah sekolah dasar Islam di Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sistem presensi fingerprint adalah sangat mudah. Pengelola Sekolah juga membuat beberapa aturan agar sistem presensi ini dapat berjalan dengan optimal. Evaluasi tentang kehadiran dilakukan tiap bulan. Guru dan pegawai yang tidak hadir atau tercatat terlambat akan mendapatkan sanksi dari sekolah. Penerapan presensi elektronik di sekolah dasar Islam adalah sudah baik dalam meningkatkan kedisiplinan guru dan pegawai di sekolah.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | presensi elektronik; kedisiplinan; guru; pegawai |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management |
Depositing User: | Walid Fajar Antariksa |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 14:17 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |