Pengembangan Media Berbasis “iSPRING SUITE-QUIZ MAKER” Metode Drill and Pratice Pada Pembelajaran Nahwu Untuk Santri Generasi-Z

Rosyidi, Abdul Wahab and Machmudah, Umi (2021) Pengembangan Media Berbasis “iSPRING SUITE-QUIZ MAKER” Metode Drill and Pratice Pada Pembelajaran Nahwu Untuk Santri Generasi-Z. EC00202148438.

[img] Text
HKI. Lap. Penelitian.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Bagi sebagian besar santri, Nahwu merupakan pelajaran sulit, karena dalam ilmu Nahwu terdapat kaidah-kaidah yang tidak ada dalam ilmu gramatika bahasa asing lainnya. Penerapan ilmu nahwu diantranya pembahasan tentang perubahan yang terjadi di akhir kata dalam bahasa Arab baik pada harokat maupun hurufnya Hal ini merupakan sesuatu yang sulit, karena materi pelajaran mayoritas tidak berharokat. Diantara teknologi berbasis komputer yang bisa diterapkan sebagai solusi pembelajaran Nahwu adalah iSpring suite-quiz maker. ini merupakan sebuah software yang berfungsi sebagai penyedia pembuatan kuis untuk membantu menilai kompetensi dan pengetahuan peserta didik. Tujuan penelitiannya mendiskripsikan langkah pengembangan media berbasis iSpring Suite-Quiz Maker Metode Drill And Practice Pada Pembelajaran Nahwu Untuk Santri Generasi-Z, dan Menjelaskan Efektifitasnya. Pengembanagan media berbasis iSpring Suite-Quiz Maker diberi nama “QUINARU” (Quiz Interaktif Nahwu Jurumiyah) yang dikembangkan melalui 5 langkah, Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kesimpulan akhir bahwa media ini sangat siap untuk diimplementasikan ke dalam proses pembelajaran Nahwu Jurumiyah. Dalam praktenya diperolehnya hasil 66,7% maka media tersebut termasuk dalam kategori baik, atau dengan kata lain Efektif. Penelitan media berbasis iSpring Suite-Quiz Maker dengan metode Drill and practice hanya di fokuskan pada pembelajaran Nahwu. Oleh karenanya, masih perlu adanya pengembangan untuk pembelajaran bidang lain seperti sharaf, fiqh dan lain sebagainya.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: iSpring Suite-Quiz Maker, Metode Drill and Pratice, Pembelajaran Nahwu
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Abdul Wahab Rosyidi
Date Deposited: 12 May 2022 11:08

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item