Manajemen berbasis nilai

Slamet, Slamet ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5583-5425 (2022) Manajemen berbasis nilai. CV. Literasi Nusantara Abadi, Malang. ISBN 978-623-329-679-3 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
10566.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Buku ini berjudul “WEALTH MANAGEMENT: Konsep dan Model Pengembangan Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum”. Terbitnya buku ini bermula dari mandat yang diberikan kepada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) sebagai lembaga yang menyelenggarakan Badan Layanan Umum (BLU). Terdapat 19 (tujuh belas) PTKIN jika merujuk pada Pasal 3 dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 129/PMK.05/2020 tentang Pedoman Pengelolaan Badan Layanan Umum yang menyebutkan bahwa tujuan BLU adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas, dan penerapan Praktik Bisnis yang Sehat. Artinya, Perguruan Tinggi yang mendapatkan mandat tersebut (baca: BLU) dituntut untuk menjalankan beberapa “tugas dan fungsi” sebagai BLU, yaitu: peningkatan pelayanan; fleksibilitas pengelolaan keuangan; prinsip ekonomi; prinsip produktivitas; dan praktik bisnis. Selain itu, dibalik pemberian mandat BLU kepada Satuan Kerja Pemerintah tersebut, sesungguhnya juga untuk memberikan kewenangan kepada Pengelola BLU dalam mengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan pemanfaatan Idle Asset, baik intangible maupun tangible, agar dapat dimanfaatkan dan menghasilkan secara ekonomi. Oleh karena itu, buku ini hendak mengungkapkan dan menganalisis dua hal penting dalam proses pengembangan pengelolaan Badan Layanan Umum di Perguruan Tinggi Keagmaan Islam Negeri (PTKIN). Dua hal penting yang dimaksud ialah pengetahuan (cognitive) pengelola dan praktek wealth management dalam Pengembangan BLU di PTKIN-BLU. Sebagai model lembaga yang dipilih dalam buku ini antara lain Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Universitas Isalm Negeri Walisongo Semarang.
Dipilihnya UIN Sunan Ampel Surabaya dalam sebagai model dalam buku ini karena pada tahun 2009 ia berubah menjadi satuan kerja dengan pengelolaan keuangan BLU berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 511/KMK.05/2009. Salah satu penciri satuan kerja Badan Layanan Umum adalah memiliki Pusat Pengembangan Bisnis. Pada tahun 2015 terbit peraturan Menteri Keuangan No. 67/PMK.05/2015 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum UIN Sunan Ampel Surabaya sehingga menjadi dasar untuk melakukan kegiatan bisnisnya sesuai dengan prinsip-prinsip BLU. Pada prakteknya kegiatan utama UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai kampus dengan pengelolaan keuangan BLU condong pada usaha-usaha pada bidang pendidikan (educational business). Beberapa inisiatif usaha BLU UIN Sunan Ampel seperti UINSAMart and Merchandise yang bergerak di bidang penjualan souvenir dan barang mulai dari minuman, snack, makanan, hingga souvenir semacam kaos, alat tulis, stiker, pin, gantungan kunci, mug, dan jam). UIN Sunan Ampel Fresh yang berbisnis penyediaan air mineral yang memiliki dua model yaitu botol 600 ml dan gelas 240. GreenSA Inn and Training Center yang bergerak pada penyediaan pusat pelatihan dan perhotelan serta menyediakan 19 meeting room dan 66 kamar pada bangunan 5 lantai yang berada di poros jalan Juanda International. Serta Jasa Akademik yaitu kerjasama para Kepala Laboratorium yang dalam berbagai bidang yang sesuai dengan kompetensi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, serta alumni ke berbagai instansi maupun lembaga pemerintah dan swasta yang memerlukan pendampingan, penelitian, konsultasi, dan pelatihan.
Adapun alasan dipilihnya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta karena pada periode 2021-2023 mendapatkan akreditasi unggul berdasarkan Keputusan BAN-PT No: 899/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/X/2021 tentang Konversi Peringkat Akreditasi Perguruan Tinggi UIN Sunan Kalijaga, tertanggal 12 Oktober 2021-20 Desember 2023. Selain itu, UIN Sunan Kalijaga juga berhasil mendapatkan pemberian achivment sebagai pengelola BLU terbaik pada level PTKIN, juga mendapatkan penghargaan sebagai Perpustakaan dengan network terbaik, serta memiliki program studi yang mendapatkan pengakuan (akreditasi) Internasional paling banyak di Indonesia dari AUN QA. Beberapa inisiatif usaha BLU UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta seperti memiliki University Hotel, Club House, Staff Housing, juga Gedung Pertemuan, Multipurpose Building, Convention Hall, Gedung Teatrikal, Campus Service Center (Ruang Kas/Bank, Ruang Kosong Lt. 3 (Rapat Lesehan 40 Orang), dan Area Parkir), Kantin dan SUKA-Resto, Sport Venue, Klinik Pratama, dan perdagangan serta ritel yang menjual aneka merchandise.
Sedangkan alasan dipilihnya UIN Walisongo Semarang berdasarkan penetapannya menjadi satuan kerja pengelola keuangan Badan Layanan Umum (BLU) berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan (KMK) No. 68/KMK.05/2009, tanggal 5 Maret 2009. Beberapa inisiatif usaha BLU UIN Walisongo Semarang antara lain sewa wisma, catering (snack box, nasi box, prasmanan, dan oleh-oleh), book store, food court, merchandaise, sewa aula, gedung serba guna, tour & travel, air minum, dan sewa ma`had. Juga bekerjasama dengan vendor yang bergerak dengan berbagai pihak, seperti dengan Hotel di sekitar Semarang, Event Organizer yang menyelenggarakan paket liburan, paket outbond, paket pernikahan, dan paket acara kantor. Juga penyedia barang dan jasa IT seperti pengembang aplikasi, penyedia barang IT, dan penyedia barang infrastruktur IT. Juga pengadaan peralatan kantor dan pemeliharaan kendaraan dinas baik motor dan mobil. Oleh sebab itu, pemilihan ketiga PTKIN tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran model pengembangan yang menginspirasi PTKIN lainnya.
Terakhir, penulis menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya serta terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang turut berkontribusi terhadap buku ini. Pihak-pihak tersebut antara lain para informan di tiga PTKIN tersebut, serta para reviewer yang telah memberikan masukan untuk buku ini. Semoga terbitnya ini dapat memberikan sumbangan untuk khazanah pengetahuan di Indonesia.

Item Type: Book
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Slamet Slamet
Date Deposited: 27 Apr 2022 13:47

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item