Mengembangkan konsep dan model manajemen Islam (kajian kritis manajemen konvensional)

Slamet, Slamet ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5583-5425 (2016) Mengembangkan konsep dan model manajemen Islam (kajian kritis manajemen konvensional). Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
10567.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Di dalam era serba modern, berbagai teknik atau model manajemen telah dikenalkan dan digunakan oleh banyak orang, baik akademisi maupun praktisi tidak lepas bagi umat Islam sendiri dalam mengelola organisasi. Ilmu manajemen merupakan salah satu bagian ilmu pengetahuan yang ada di muka bumi ini yang diciptakan dan dikembangkan serta digunakan oleh manusia. Oleh itu, ilmu pengetahuan telah memberikan sumbangan yang besar terhadap perkembangan pemikiran dan peradaban manusia khususnya dalam mengelola sebuah organisasi.
Ilmu manajemen sendiri berkembang mulai abad 19-an, para pelaku ekonomi klasik yaitu Adam Smith dan John Stuart Mill memberikan teori-teori manajemen untuk mengatur sumber daya organisasi. Yang mana, ilmu manajemen sendiri merupakan derivasi dari ilmu ekonomi, Ketika Adam Smith menerbitkan sebuah doktrin ekonomi klasik, The Wealth of Nation. Hal ini merupakan peristiwa yang mempengaruhi perkembangan ilmu manajemen yaitu revolusi industri di Inggris. Oleh karena manajemen dikembangkan oleh barat, maka tatanan nilai yang dikembangkan adalah sistem nilai barat yaitu kapitalisme. Dengan dasar kapitalisme, sehingga peradaban barat seringkali menggunakan pendekatan rasionalisme, pragmatisme, positivisme, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, dalam konteks sains dan praktek bisnis, manajemen yang berkembang saat ini tidak bisa dilepaskan dari sistem nilai/ideologi kapitalisme. Sehingga pendekatan yang seringkali digunakan adalah siste-sistem kapitalis, misalnya hak individu, orientasi profit, kebebasan, liberalisme, dan lain sebagainya.

Item Type: Research (Research Report)
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Slamet Slamet
Date Deposited: 12 May 2022 14:42

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item