Model manajemen konflik lembaga pendidikan Islam: tinjauan komparatif Tafsir Ibn Katsir dan Tafsir Jalalain

Puspitasari, Fantika Febry (2022) Model manajemen konflik lembaga pendidikan Islam: tinjauan komparatif Tafsir Ibn Katsir dan Tafsir Jalalain. Tadbir Muwahhid, 6 (1). pp. 95-109. ISSN 2579-3470

[img]
Preview
Text
10592.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (458kB) | Preview

Abstract

Organisasi yang dinamis tidak terlepas dari keberadaan konflik. Perihal konflik juga telah dibahas dalam beberapa ayat Al Qur’an sebagai penekanan terhadap keniscayaan adanya konflik di antaranya dalam QS Al Isra’: 15, QS Al Qashash: 15 dan QS Yunus: 90. Manajemen konflik bertujuan untuk mengendalikan konflik sehingga pengaruhnya konstruktif dan fungsional. Lembaga Pendidikan Islam memiliki nilai-nilai Islam sebagai pedoman manajemen organisasi agar tetap selaras dengan petunjuk Al Qur’an. Manajemen konflik ditinjau dari perspektif Al Qur’an meliputi stimulasi konflik (QS Yunus: 99, QS Al Baqarah: 148, QS Al Jatsiyah: 22), Tabayyun (QS Al Hujurat: 6), Musyawarah (QS Ali Imran: 159), Negosiasi (QS An Naml: 34-35), Fastabiqul khoirot (QS Al Baqarah: 148), Mediasi-Akomodasi (Kisah peletakan hajar aswad), Islah (QS Al Hujurat: 9-10) dan Rudduhu ilallah (Qur’an) wa rasul (Sunnah) (QS An Nisa’: 59). Model-model manajemen konflik dalam Al Qur’an tersebut dapat diterapkan dalam manajemen lembaga Pendidikan Islam dengan mengutamakan nilai-nilai Islam sehingga konflik dalam lembaga Pendidikan Islam konstruktif dan fungsional.

Item Type: Journal Article
Keywords: al-Qur'an; manajemen konflik; pendidikan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Fantika Febry Puspitasari
Date Deposited: 18 May 2022 11:00

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item