Laporan penelitian Model E-LSAM (E-Learner Success Assesment Model) dalam mengukur keberhasilan pembelajaran daring mahasiswa di PTKIN

Sulistiani, Dwi ORCID: https://orcid.org/0000-0002-7921-1913, Bashith, Abdul ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4678-3891 and Amin, Saiful ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5408-2898 (2021) Laporan penelitian Model E-LSAM (E-Learner Success Assesment Model) dalam mengukur keberhasilan pembelajaran daring mahasiswa di PTKIN. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
10633.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring menjadi isu yang marak akhir-akhir ini. Pandemi Covid 19 memaksa pelayanan pendidikan dilakukan secara daring. Oleh karena itu perlu asesmen yang lengkap dan tepat dalam mengevaluasi pembelajaran daring khususnya di Perguruan Tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui factor yang menentukan dalam kesuksesan pembelajaran daring bagi mahasiswa PIPS di PTKIN dan mengetahui efektivitas model E-LSAM dalam melakukan asesmen terkait hal tersebut. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang berisi pertanyaan yang mencakup lima dimensi pembelajaran yaitu: pembeljar, instruktur, kursus, system dan social disebar kepada mahasiswa Program Studi PIPS pada PTKIN seluruh Indonesia. Terdapat 1139 kuesioner yang diterima dan digunakan sampel dalam penelitian ini. Statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas kuesioner diuji dengan menggunakan SPSS versi 24.0. Pengujian hipotesis menggunakan AMOS versi 26.0 dengan melihat pengaruh langsung dan tidak langsung dari variabel yang diuji. Regulasi diri, kepuasan pembelajar dan niat untuk terus menggunakan LMS menjadi factor penting yang secara langsung mempengaruhi keberhasilan pembelajaran daring. Selain itu terdapat variabel lain yang mampu menjadi mediasi yaitu sikap terhadap LMS dan kegunaan yang dirasakan. Selain itu juga terdapat variabel pendukung seperti: efikai diri terhadap computer, kepuasan yang dirasakan, subjektivitas terhadap norma, citra, kemudahan penggunana, kualitas, interaksi social, kualitas system, dan keragaman dalam penilaian. Hasil penelitian ini mampu mendukung teori konfirmasi harapan (ECM), model penerimaan teknologi (TAM), model sistem keberhasilan informasi DeLone dan McLean (D&M ISS) dan teori belajar mandiri (SRL). Model E-LSAM ini juga terbukti mampu menjadi alat asesmen yang efektif untuk mengukur kesuksesan belajar mahasiswa dalam pembelajaran daring.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: E-LSAM; ECM; TAM; SRL; D&M ISS; pembelajaran daring
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: MSA,Ak,CA Dwi Sulistiani
Date Deposited: 20 May 2022 14:19

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item