Evaluasi redesain ruang fisik Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Mufid, Mufid ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6610-1379 (2019) Evaluasi redesain ruang fisik Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Research Report. LP2M, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
10661.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat mutu perubahan fungsi ruang fisik perpustakaan terhadap kesesuaian dengan kebutuhan pengguna.

Pendekatan yang digunakan kuantitatif dan metode survei. Instrument dibuat dengan menggunakan kriteria evaluasi TEALS (Tool for the Evaluation of Academic Library Spaces) sebagai instrument penelitian. Kriteria mutu yang ditetapkan meliputi persyaratan mutu fungsi ruang dan kebutuhan pengguna meliputi Positive Image and Identity, Welcoming and Inviting Entry, Functionality and Efficiency, Flexibility and Adaptability, Variety of Spaces to Cater for Different Users and Uses, Being Social and People-Centred, A Sense of Place and Inspiration, Environmental Comfort and Sustainability, Access, Safety and Security, dan Integration of Technologies. Responden berjumlah 200 mahasiswa dengan menggunakan metode simple random sampling.

Data hasil survei dianalisis secara deskriptif dengan bantuan SPSS.
Hasil dan Pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan redesain ruang perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki dampak positif rata-rata sebesar 76% terhadap pemustaka dalam pemanfaaatn perpustakaan. Sementara Krteria mutu yang paling berpengaruh positif adalah Positive Image and Identity, dan yang paling kecil pengaruhnya adalah Flexibility and Adaptability. Kriteria mutu yang perlu mendapat perhatian dan tindak lanjut perbaikan adalah kriteria mutu yang mendapatkan skor terendah.

Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang harus memperhatikan indikator mutu desain yang dinilai rendah oleh pemustaka sebagai pedoman pengembangan tata ruang perpustakaan dan untuk melakukan tindak lanjut perbaikan desain tata ruang untuk peningkatan mutu layanan perpustakaan di masa depan.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Desain Ruang Perpustakaan; Ekologi Perpustakaan; TEALS; Mutu Layanan Perpustakaan
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080799 Library and Information Studies not elsewhere classified
Divisions: University Library
Depositing User: Mufid Mufid
Date Deposited: 16 May 2022 01:35

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item