Susanti, Nurlaili and Riskiyah, Riskiyah (2022) Integrasi nilai Islam dalam kurikulum pendidikan kedokteran. Journal of Islamic Medicine, 6 (01). pp. 11-20. ISSN 2550-0074
|
Text
10685.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (775kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang: Pendidikan kedokteran memliki pern yang sangat strategis dalam menghasilkan dokter profesional yang akan memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat. KUrikulum pendidikan kedokteran yang mengintegrasikan muatan keislaman diperlukan untuk memperkuat profesionalisme sebagai dokter muslim. Tujuan: penelitianini bertujuan untuk mengkaji implementasi integrasi Islam di beberapa Fakultas Kedokteran Islam di Indonesia. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian adalah Fakultas Kedokteran di bawah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumen dan wawancara. Hasil: Masing-masing Fakultas Kedokteran memiliki konsep penerapan integrasi islam dalam pendidikan kedokteran dengan pendekatan dan cara yang berbeda. Kesimpulan: Implementasi integrasi Islam dalam ilmu kedokteran tercermin dalam pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran dan penilaian.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Pendidikan kedokteran, dokter muslim, nilai islam, integrasi kurikulum |
Subjects: | 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1199 Other Medical and Health Sciences |
Divisions: | ?? JDok ?? |
Depositing User: | dr Riskiyah Riskiyah |
Date Deposited: | 24 May 2022 10:29 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |