Pengembangan media busy book untuk pengenalan keterampilan hidup sehari-hari (daily life skills) anak usia 2-4 tahun di Taman Sosialisasi Anak (TSA) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Sudirman, Sudirman, Susanti, Rikza Azharona ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8566-0555 and Mubarak, Ruma (2021) Pengembangan media busy book untuk pengenalan keterampilan hidup sehari-hari (daily life skills) anak usia 2-4 tahun di Taman Sosialisasi Anak (TSA) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Research Report. UIN Maulana Malik IBrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
10697.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tidak adanya media busy book yang awet serta dapat digunakan dalam jangka lama di Taman Sosialisasi Anak membuat pengasuh menggunakan lembaran media sekali pakai serta tidak ada tema khusus yang berkaitan dengan pengenalan keterampilan sehari-hari bagi anak. Selain itu pengenalan terhadap keterampilan sehari-hari anak dirasa sangat kurang karena kurangnya pemahaman pengasuh dan keterbatasan media untuk mengenalkan keterampilan sehari-hari kepada anak usia 2-4 tahun di TSA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media busy book dan untuk mengetahui penerapan media busy book untuk pengenalan keterampilan hidup sehari-hari anak usia 2-4 tahun di TSA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini menggunakan metode peneltian dan pengembangan yang dilakukan melalui prosedur: 1. Pengumpulan Data Analisis Kebutuhan Media Busy book, 2. Perencanaan Desain Modul, 3. Pengembangan Produk (evaluasi ahli), 4. Uji Produk dan Revisi, dan 5. Penyempurnaan Produk Akhir.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase dan masukan ahli yang ditujukan kepada tiga ahli diantaranya ahli desain diperoleh hasil 93,33% ,ahli pembelajaran anak usia dini diperoleh hasil 92,31% dan ahli perkembangan anak usia dini diperoleh hasil 96%. Dari uji kelompok diperoleh hasil 100% anak tertarik, senang dan aman melakukan aktivitas dengan media busy book.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: pengembangan; media busy book; keterampilan hidup sehari-hari
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Depositing User: Rikza Azharona Susanti
Date Deposited: 25 May 2022 09:29

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item