The development of ular tangga pohon misteri game for early reading activity

Susanti, Rikza Azharona ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8566-0555 and Wahyuningtyas, Dessy Putri (2021) The development of ular tangga pohon misteri game for early reading activity. Awlady : Jurnal Pendidikan Anak, 7 (2). pp. 163-175. ISSN 2541-4658

[img]
Preview
Text
10699.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (332kB) | Preview
Full text available at: https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/aw...

Abstract

Salah satu aspek perkembangan yang perlu diperhatikan pada anak usia dini adalah perkembangan bahasa, salah satunya terkait dengan kemampuan membaca permulaan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan uar tangga dengan pohon misteri menggunakan bahan bekas untuk aktivitas membaca permulaan anak kelompok B di Raudhatul Athfal (RA). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan melalui prosedur: 1. Melakukan penelitian dan pengumpulan informasi, 2) Melakukan perencanaan, selanjutnya dievaluaasi oleh para ahli, 3) Mengembangkan bentuk produk awal, 4) Melakukan uji coba kelompok kecil dengan 6 subjek, 5) Melakukan revisi terhadap produk awal, 6) Melakukan uji lapangan utama dengan 20 subjek, 7) Melakukan revisi produk Instrumet yang digunakan berupa kuesionuk yang berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa prosentase dan masukan ahli yang ditujukan kepada tiga ahli diantaranya ahli pembelajaran anak usia dini, ahli desain dan praktisi anak usia dini. Hasil pengembangan pada analisis data kuantitatif uji lapangan kelompok besar, diperoleh persentase yaitu: (1) 95% anak mudah melakukan permainan; (2) 100% anak senang melakukan permainan ular tangga dengan pohon misteri; dan (3) 100% anak aman saat melakukan permainan ular tangga dengan pohon misteri. Berdasarkan hasil pengembangan permainan ular tangga dengan pohon misteri, maka disimpulkan bahwa media ini menarik, mudah dan menyenangkan serta tidak berbahaya untuk dilakukan anak

Item Type: Journal Article
Keywords: pengembangan; permainan ular tangga; pohon misteri; membaca permulaan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Depositing User: Rikza Azharona Susanti
Date Deposited: 13 Jun 2022 13:19

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item