Pengembangan modul mata kuliah bermain dan permainan berbasis hasil praktikum perkuliahan mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Susanti, Rikza Azharona ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8566-0555 (2020) Pengembangan modul mata kuliah bermain dan permainan berbasis hasil praktikum perkuliahan mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Preschool (Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini), 1 (2). pp. 105-118. ISSN 2715-3622

[img]
Preview
Text
10703.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (330kB) | Preview
Full text available at: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/prescho...

Abstract

Modul sebagai bahan ajar dapat digunakan secara mandiri karena sesuai dengan kecepatan masing-masing individu, penerapan modul dapat mengkondisikan kegiatan pembelajaran lebih terencana dengan baik, mandiri, tuntas dan dengan hasil yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matakuliah bermain dan permainan berbasis hasil praktikum perkuliahan mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PUAID) FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pengembangan modul ditujukan kepada Mahasiswa sehingga dapat dijadikan sebagai sumber belajar mahasiswa dan pedoman pelaksanaan bermain dan permainan baik secara mandiri maupun berkelompok. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan melalui lima prosedur: 1. Penelitian dan pengumpulan data, 2) melakukan perancangan modul, dilanjutkan Validasi Ahli, 3) Mengembangkan produk awal, 4) melakukan uji coba produk dan revisi, 5) penyempurnaan produk anhir. Adapun instrumen yang digunakan berupa kuesioner Ahli media dan ahli pembelajaran yang berisi tentang rancangan produk yang dikembangkan serta kuesioner responden terhadap mahasiswa terkait rancangan modul sekaligus kemenarikan modul bagi mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif berupa saran para ahli validasi dan data kuantitatif dari instrumen yang ditujukan pada ahli validasi media serta ahli pembelajaran termasuk data kuantitatif dari angket respon mahasiswa. Hasil pengembangan pada analisis data kuantitatif uji coba produk, diperoleh persentase rata-rata yaitu 93,33% bahwasannya modul yang dikembangkan menarik, mudah difahami dan cukup informatif materinya. Berdasarkan hasil pengembangan modul matakuliah bermain dan permainan berbasis hasil praktikum perkuliahan mahasiswa dapat disimpulkan bahwa modul ini menarik, mudah difahami dan materi yangn disampaikan informatif bagi mahasiswa. Disarankan hasil pengembangan modul yang ditujukan untuk mahasiswa PIAUD UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dapat digunakan secara mandiri maupun berkelompok paa matakuliah Bermain dan Permainan di lembaga terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya sesuai materi perkuliahan tersebut. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Bermainan dan Permainan

Item Type: Journal Article
Keywords: pengembangan; modul; bermainan dan permainan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Depositing User: Rikza Azharona Susanti
Date Deposited: 13 Jun 2022 13:10

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item