Analisis perbandingan layanan ziswaf untuk penguatan community development (studi kasus di UIN Malang dan Universitas Al-Azhar Mesir)

Yunus, Muh and Supriyono, Supriyono and Ikhawanusshofa, Naqib Azka and Anggraini, Shindi Agustina and Setiawan, Diyan Nova (2022) Analisis perbandingan layanan ziswaf untuk penguatan community development (studi kasus di UIN Malang dan Universitas Al-Azhar Mesir). 000318013.

[img]
Preview
Text
10719.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia, amanat pengelolaan zakat sebagai instrumen peningkatan kesejahteraan sosial dan Community Development telah ditegaskan dalam Undang Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat (UUPZ). Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf (Ziswaf) merupakan instrumen pengembangan ekonomi ummat yang sangat strategis, termasuk institusi el-Zawa yang mengelola Ziswaf di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Melalui lembaga el-Zawa, universitas ini mampu memberikan layanan seperti pemberian bantuan beasiswa, santunan masyarakat lanjut usia (lansia), pengembangan usaha kecil, dan lain-lain. Satu diantara contohnya adalah Universitas al-Azhar di Kairo, Mesir. Kampus yang berdiri sejak 970 M tersebut merupakan contoh kongkrit bentuk wakaf umat. Universitas al-Azhar itu mampu memberikan layanan pendidikan gratis kepada orang-orang yang membutuhkan dari seluruh dunia.

Item Type: Hak Cipta
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Supriyono Supriyono
Date Deposited: 25 May 2022 11:20

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item