Munir, Misbahul ORCID: https://orcid.org/0000-0003-3344-6845 (2022) Puasa dan economic multiplier effect. Radar Malang, Malang. (In Press)
|
Image
10917.jpg - Published Version Download (310kB) | Preview |
Abstract
Ibadah puasa khususnya puasa bulan Ramadhan seyogyanya tidak hanya dimaknai sebagai sarana untuk membentengi jiwa dan raga dari segala godaan hawa nafsu, namun juga harus dimaknai sebagai pembiasaan perilaku masyarakat dari budaya hedonis konsumtif menuju efisiensi dalam perilaku kansumsi. Sikap efisiensi dan konsumsi saat puasa tidak akan menghambat pertumbuhan ekonomi masyarakat, tapi justru sebaliknya ketika peningkatan spending tersebut dibarengi dengan peningkatan distribusi sehingga akan memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat secara agregat. Inilah hakekat ibadah puasa, tidak hanya sebagai sarana ibadah namun juga bisa memberikan dampak ekonomi secara beruntun (economic multiplier effect), mulai dari fungsi efisiensi, distribusi dan pertumbuhan ekonomi (economic growth).
Item Type: | Other |
---|---|
Keywords: | konsumeristik; puasa; hedonisme; economic multiplier effect |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management |
Depositing User: | Misbahul Munir |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 15:42 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |