Abstraksi reflektif: suatu sudut pandang pemecahan masalah geometris

Masamah, Ulfa ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8412-7153 (2021) Abstraksi reflektif: suatu sudut pandang pemecahan masalah geometris. Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education, 1 (2). pp. 114-123. ISSN 2776-9003/2776-8201

[img]
Preview
Text
10944.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (996kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses abstraksi reflektif matematis siswa berkemampuan awal matematika tinggi dalam pemecahan masalah berdasarkan langkah-langkah Krulik dan Rudnick pada materi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Subyek penelitian adalah siswa-siswi MAN 1 Ngawi yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Hasil data tugas pemecahan masalah dan wawancara tersebut selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan tinggi dalam setiap langkah pemecahan masalah sesuai tahap Krulik dan Rudnick selalu memunculkan abstraksi reflektif secara lengkap yang meliputi pengenalan (recognition), representasi (representation), abstraksi structural (structural abstraction), dan kesadaran structural (structural awareness). Subyek memanfaatkan pengetahuan sebelumnya tekait dengan trigonometri dalam pemecahan masalah geometri. Dalam aktivitas abstraksi reflektif, dapat diketahui bagaimana siswa mengkonstruk pengetahuan konseptualnya, dengan cara memberikan alasan-alasan terhadap keputusan yang dibuat. Hal ini sesuai dengan tuntutan pembelajaran era new normal siswa dituntut dapat mengkonstruk pengetahuan matematisnya sendiri.

Item Type: Journal Article
Keywords: abstraksi reflektif; pemecahan masalah; Krulik dan Rudnick; geometri
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Ulfa Masamah
Date Deposited: 10 Jun 2022 09:00

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item