Green chemistry dalam Maqoshid Al Syari’ah

Yulianti, Eny and Prasetyo, Oky Bagas (2022) Green chemistry dalam Maqoshid Al Syari’ah. 000350554.

[img] Text
10950.pdf

Download (2MB)

Abstract

Green Chemistry digagas oleh para ilmuwan dibidang kimia sebagai upaya pemanfaatan bahan-bahan kimia yang lebih ramah lingkungan, sehingga tidak akan berdampak negatif terhadap alam. Kesadaran tersebut barangkali masih didasari oleh panggilan nurani kemanusiaan belaka dan belum sepenuhnya dikaitkan dengan konsep yang ada dalam ajaran agama. Konsep Green Chemistry tersebut sebenarnya sangat selaras dengan ajaran Islam. Dimana manusia sebagai khalifah fil ‘ardhi, selain mempunyai hak untuk memanfaatkan alam juga memiliki kewajiban untuk menjaga kelestarian alam dan menghindari hal-hal yang dapat merusak alam.
Agama memerintahkan manusia untuk mempelajari alam, mempelajari hukum-hukumnya agar manusia secara alami hidup sesuai dengan tujuan dan asas moral yang di-ridhai Tuhan. Ilmu sebagai alat harus berpedoman pada agama, agar memperoleh kebaikan dan kebahagiaan, karena ilmu tanpa agama akan membawa malapetaka dan penderitaan, begitu sebaliknya agama harus dilengkapi dengan perangkat ilmu dan metodologi.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: green chemistry; maqoshid al syari’ah
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0399 Other Chemical Sciences > 039901 Environmental Chemistry (incl. Atmospheric Chemistry)
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Chemistry
Depositing User: Bagas Prasetyo Oky
Date Deposited: 13 Jun 2022 14:09

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item