Sediaan herbal berbahan dasar ekstrak air daun katuk (Sauropus androgynus ( l) untuk mengatasi vagina kering pada wanita premenopause

Susilowati, Retno (2021) Sediaan herbal berbahan dasar ekstrak air daun katuk (Sauropus androgynus ( l) untuk mengatasi vagina kering pada wanita premenopause. IDS000003956.

[img] Text
10991.pdf

Download (14MB)

Abstract

Invensi ini berkaitan dengan sediaan farmasi herbal berbahan dasar ekstrak air daun katuk, pembuatannya, penggunaannya, dan dosis terapi vagina kering terkait menopause. Pembuatan ekstrak air daun katuk dalam invensi ini dilakukan dengan metode maserasi menggunakan pelarut air, penguapan pelarut dilakukan dengan menggunakan rotary evaporator dilanjutkan pengeringan dengan metode sublimasi menggunakan Freeze drayer sehingga diperoleh ekstrak air daun katuk dalam bentuk kering. Adapun sediaan herbal yang dibuat mengandung ekstrak air daun katuk sebesar 75-100 mg. Sediaan dapat dibuat dengan mengisikan ekstrak air daun katuk sebanyak 75-100 mg tanpa ataupun dengan menambahkan bahan eksipien dengan jenis dan jumlah yang sesuai hingga dalam setiap sediaan mengandung ekstrak air daun katuk sebanyak 75-100 mg sesuai dengan jenis sediaan. Untuk mendapatkan efikasi mengatasi vagina kering wanita premanopause, sediaan herbal dikonsumsi 2 kali sehari 1 sediaan.

Item Type: Patent
Keywords: sauropus androgynus; sediaan herbal; vagina kering; premenopause
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Biology
Depositing User: Retno Susilowati
Date Deposited: 15 Jun 2022 09:35

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item