Exploration of the ethnomathematics of the Bung Karno Tomb complex in cultural based mathematics learning

Nisa', Asfira Zakiatun and Rofiki, Imam (2022) Exploration of the ethnomathematics of the Bung Karno Tomb complex in cultural based mathematics learning. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 6 (1). pp. 107-120. ISSN 2549-5070

[img]
Preview
Text
10995.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (786kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep matematika dalam pembelajaran matematika realistik di makam Bung Karno serta guna memberikan pilihan matematika etnik sebagai sumber belajar untuk murid. Penelitian ini memakai metode kualitatif jenis penelitian etnografi. Subjek penelitian ini yaitu penduduk lokal serta praktisi budaya. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen utama (peneliti) serta instrumen pendukung (lembar observasi serta pedoman wawancara). Data dihasilkan dari observasi, dokumentasi, studi literasi serta tanya jawab. Observasi serta catatan digunakan guna mengidentifikasi materi etnomatematika di makam Bung Karno. Dokumentasi serta tanya jawab dengan memakai triangulasi bertujuan untuk mempelajari lebih dalam mengenai nilai-nilai budaya yang terdapat di makam Bung Karno. Analisis data memakai jenis etnografi Spradley, mencakup analisis bagian, analisis taksonomi, analisis domain, serta temuan tema budaya. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat unsur- unsur matematika( matematika etnik) pada kompleks makam Bung Karno yaitu konsep bangun ruang sisi lengkung, himpunan, lingkaran, segi empat dan segitiga, pola bilangan, transformasi geometri, dan bangun ruang sisi datar. Sehingga, kompleks makam Bung Karno dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Journal Article
Keywords: etnomatematika; kompleks makam Bung Karno; pembelajaran matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Imam Rofiki
Date Deposited: 15 Jun 2022 08:25

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item