Zakiyah, Ermita ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2172-1283 and Lutfiana, Dina (2021) Hubungan konsep diri akademik dan self regulated learning dengan stres akademik santri dalam mengikuti pembelajaran daring. Journal of Indonesian Psychological Science, 1 (01). pp. 22-31. ISSN 2828-4577
|
Text
11016.pdf - Published Version Download (187kB) | Preview |
Abstract
Stres akademik merupakan hal yang wajar dirasakan pelajar bahkan santri yang juga menempuh pendidikan formal dan di pondok pesantren. Santri dituntut untuk mampu menyelesaikan tugas di sekolah dengan tetap mematuhi peraturan di pondok pesantren yakni pembatasan penggunaan HP. Santri diharapkan mampu meregulasi diri dalam belajar dengan baik yang disesuaikan dengan konsep diri masing-masing khusunya sebagai remaja agar tidak sampai mengalami stres akademik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik sampling purposive. Subjek penelitian yaitu santri pondok pesantren Sholahul Huda yang mengikuti pembelajaran daring dengan jumlah sampel 103 subjek. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan adanya hubungan antara konsep diri akademik dan self regulated learning dengan stres akademik santri dalam mengikuti pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif antara variabel konsep diri akademik dan self regulated learning dengan stres akademik santri (r = 0,570; p > 0,05). Kontribusi konsep diri akademik dan self regulated learning dengan stres akademik sebesar 32,5 %, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | konsep diri akademik; self regulated learning; stres akademik |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion |
Divisions: | Faculty of Psychology |
Depositing User: | Ermita Zakiyah |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 13:24 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |