Komparasi kitab-kitab tafsir al-Qur’an era klasik dan modern atas teori dan model komunikasi kelompok untuk pendidikan anak pada QS. Luqman/31: 13-19

Ghaffar, Abdul (2021) Komparasi kitab-kitab tafsir al-Qur’an era klasik dan modern atas teori dan model komunikasi kelompok untuk pendidikan anak pada QS. Luqman/31: 13-19. Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 10 (1). pp. 17-35. ISSN 26158779

[img]
Preview
Text
11038.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (403kB) | Preview
Full text available at: https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/a...

Abstract

Upaya penafsiran oleh seorang mufassir tidak dapat dilepaskan dari konteks ruang sosialnya. Karena proses penafsiran yang dilakukan tidaklah berada pada ruang hampa yang terlepas dari kehidupan sosialnya. Hal ini tidak lepas dari pergumulan seorang penafsir dengan lingkungan sosial di sekitarnya. Dengan keadaan tersebut, sangat menarik tentunya menganalisa tafsir tersebut dengan ilmu pendidikan yang sedang berkembang saat ini, misalnya saja mengetahui sejauh mana tafsir merangkul ilmu Pendidikan anak dalam al-Quran. Dari sini, maka muncullah pertanyaan, bagaimana penafsiran era klasik dan modern terhadap Q.S. Lukman/31: 13-19? Bagaimana kesesuian teori dan model Pendidikan anak yang disampaikan oleh para pakar pendidikan dan penjelasan para mufassir era klasik, modern tentang ayat ini? Melihat konteks penelitian ini, tinjauan teoritis yang digunakan adalah teori komunikasi kelompok, yang mana dalam teori ini dikatakan bahwa sebuah kelompok adalah yang minimal terjadi antara dua orang. Teori ini juga menyatakan, bahwa dalam komunikasi sebuah kelompok harus mengandung tiga tipe; Learning Group, Growth Group, dan Problem solving group. Dari hasil analisa yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa para mufassir baik era klasik dan modern ketika menjelaskan tentang Pendidikan anak pada Qs. Luqman/31: 13-19 yang kemudian dianalisa dengan teori komuniakasi kelompok, terbukti bahwa penafsiran mereka sejalan dengan teori Ilmu komunikasi yang berkembang.

Item Type: Journal Article
Keywords: tafsir; al-Qur’an; pendidikan; komunikasi; anak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Abdul Ghaffar
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:31

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item