Pengembangan model multisensory sebagai stimulasi peningkatan kemampuan literasi anak usia dini

Solichah, Novia and Hidayah, Rifa (2022) Pengembangan model multisensory sebagai stimulasi peningkatan kemampuan literasi anak usia dini. 000347996.

[img] Text
11116.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kondisi dan kualitas pembelajaran literasi dini yang dilakukan di PAUD (RAMNU Citra Kartini), melakukan analisis kebutuhan terkait dengan pembelajaran literasi dini di PAUD, merancang model pembelajaran literasi dengan pendekatan multisensori, menguji kelayakan model pembelajaran literasi dini dengan pendekatan multisensori dan menguji efektivitas model pembelajaran literasi dini dengan pendekatan multisensori. Metode penelitian menggunakan kuantitatif true experiment. Subjek penelitian ini adalah 72 anak yang berusia 5-7 tahun. Dimana ada 34 anak di kelompok control dan 38 anak di kelompok eksperimen yang akan dinilai melalui pretest dan posttest berupa checklist observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model multisensori mampu meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini dengan signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) dan nilai effect size sebesar 0,076.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: multisensory; literasi; anak usia dini
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Novia Solichah
Date Deposited: 27 Jun 2022 14:20

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item