Laporan kegiatan pengabdian masyarakat Pondok Pesantren al Hikmah Nurul Quran: peluang usaha ponpes

Meldona, Meldona ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1787-4818, Rochayatun, Sulis, Mukaffi, Zaim and Mansur, Sugeng Ali (2021) Laporan kegiatan pengabdian masyarakat Pondok Pesantren al Hikmah Nurul Quran: peluang usaha ponpes. Community Service Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
11124.pdf

Download (768kB)

Abstract

Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai bagian dari lembaga pendidikan tinggi islam di Indonesia mempunyai peran yang cukup penting dalam perkembangan negara. Tantangan terbesar bagi Fakultas Ekonomi dalam rangka membantu meningkat perekonomian negara Indonesia. Hal ini sesuai dengan visi Fakultas Ekonomi UIN Malang yaitu menjadi Fakultas Ekonomi yang unggul untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional, serta menjadi pusat pengembangan ekonomi yang bercirikan Islam dan menjadi penggerak kemajuan masyarakat.
Perekonomian Indonesia memperlihatkan tanda-tanda pelambatan yang cukup signifikan disepanjang tahun 2015. Perekonomian global yang belum menunjukkan tandatanda pulih memberikan imbas yang cukup signifikan pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus melambat serta menyebabkan tren depresiasi rupiah yang cukup persisten. Hal lain yang juga turut melambatkan kinerja ekspor adalah faktor internal yaitu infrastruktur yang belum tuntas dalam mendukung produksi. Secara berkepanjangan kondisi ini akan memeberikan tekanan yang berlebihan pada rupiah. Analisis situasi terdiri dari uraian tentang potret, profile, dan permasalahan yang menjadi fokus kegiatan maupun lingkungan yang relevan dengan kegiatan.
Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Tri Darma Pengguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren “Al Hikmah” yang merupakan cabang dari Pondok pesantren Nurul Quran. Pondok Pesanten Al Hikmah berlokasi di Sumber Penganten Kecamatan Jogoroto. Pondok pesantren ini berdiri pada tahun 2017 yang berawal hanya ada 3 orang dan tinggal ruangan bekas wartel hingga sekarang menjadi 80 orang. Adapun santri yang terdiri dari Madrasah Tsanawiyah (MTS) dan Madrasah Aliyah (MA). Model dari pondok Al hikmah itu sendiri adalah pondok tafidz qur’an. Pengasuh di pondok tersebut adalah Kyai Muhdi Surur. Kabupaten Jombang dikenal dengan sebutan Kota Santri. Hal tersebut melatar belakangi tema pengabdian ini kali ini yaitu “Bagaimana Memetakan Peluang Usaha-Pesantrenpreneur”.

Item Type: Community Service
Keywords: peluang usaha; pesantrenpreneur
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Meldona Meldona
Date Deposited: 27 Jun 2022 13:33

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item