Analisis pengaruh literasi keuangan dan sosial media edukasi saham terhadap keputusan investasi (studi kasus pada mahasiswa Kota Malang)

Wicaksono, Muhammad Panji and Wafiroh, Novi Lailiyul (2022) Analisis pengaruh literasi keuangan dan sosial media edukasi saham terhadap keputusan investasi (studi kasus pada mahasiswa Kota Malang). Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora, 8 (2). pp. 200-206. ISSN 2461-0666, 2461-0720

[img] Text
11180.pdf - Published Version

Download (208kB)

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Literasi Keuangan Dan Sosial Media Edukasi Saham Terhadap Keputusan Investasi pada mahasiswa kota Malang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa kota Malang yang memiliki akun sosial media dan juga memiliki minat untuk melakukan investasi, dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel pada penelitian ini ialah non-probability sampling dengan menggunakan teknik convenience sampling. Teknik Pengambilan data adalah dengan menggunakan kuisoner yang disebarkan ke objek peneliti. Teknik Analisa data menggunakan aplikasi smartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan dan sosial media edukasi saham berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan Investasi. Selain itu variabel literasi keuangan dan sosial media edukasi saham berpengaruh sebesar 57% sedangkan sisanya adalah 43% dipengaruhi Variabel lain.

Item Type: Journal Article
Keywords: literasi keuangan; sosial media edukasi saham; keputusan investasi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Novi Lailiyul Wafiroh
Date Deposited: 05 Jul 2022 09:53

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item