Penerapan gaya hidup bebas sampah (zero waste) untuk menyelamatkan lingkungan

Yurisa, Penny Respati and Mudawamah, Nita Siti and Arumawan, Muhammad Muhsin Penerapan gaya hidup bebas sampah (zero waste) untuk menyelamatkan lingkungan. Community Service Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
11191.pdf

Download (740kB) | Preview

Abstract

Permasalahan sampah di Kota Malang merupakan permasalahan yang kian serius. Kota Malang dihadapkan dengan pencemaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas oleh mikroplastik yang diakibatan dari menumpuknya sampah di aliran sungai tersebut. Salah satu upaya untuk mengindari pencemaran lingkungan adalah dengan menerapkan gaya hidup bebas sampah. Kegiatan ini dilakukan di Kelurahan Kasin RW 03 RT 09 dengan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya; sosialisasi dan edukasi, pelatihan pemilahan sampah organik dan anogranik, serta pelatihan mengelola sampah dengan memanfaatkan tong komposter aerob. Hasil dari kegiatan ini warga Kelurahan Kasin RW 03 RT 09 dapat memilah sampah dengan baik, dapat mengelola sampah organik dengan memanfaatkan tong komposter yang sudah tersedia sehingga warga tidak lagi membuang sampah ke sungai.

Item Type: Community Service
Keywords: zero waste; sampah organik; komposter aerob
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050203 Environmental Education and Extension
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Penny Respati Yurisa
Date Deposited: 05 Jul 2022 09:45

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item