Pengembangan lagu sebagai media pendidikan karakter bagi siswa kelas 1 SDN Purwantoro 01 Malang

Nuzulia, Nuril (2020) Pengembangan lagu sebagai media pendidikan karakter bagi siswa kelas 1 SDN Purwantoro 01 Malang. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2 (1). pp. 1-20. ISSN 2714-7711

[img]
Preview
Text
11207.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
Full text available at: https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/...

Abstract

Pendidikan karakter sendiri merupakan usaha untuk mendidik anak agar mereka dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya. Berbagai cara dilakukan untuk memberikan kemudahan dalam mendapatkan pendidikan karakter, salah satu caranya melalui pengembangan lagu anak.

Dalam hal ini pengembang mengembangkan lagu anak dengan mengubah lirik yang didalamnya terdapat unsur materi pelajaran. Dalam pengembangan lagu ini, pengembang menggunakan model desain pengembangan Borg & Gall. Pengembangan ini menghasilkan lagu sebagai media pendidikan karakter siswa kelas 1 SDN Purwantoro 01 Malang.

Produk pengembangan ini diuji cobakan melalui beberapa tahap secara berurutan yakni (1) validasi ahli materi, (2) validasi ahli media, (3) validasi menurut guru, (4) uji coba lapangan. Tanggapan penilaian ahli materi terhadap pengembangan lagu adalah 86 % dengan kualifikasi sangat baik. Tanggapan penilaian ahli media terhadap pengembangan lagu adalah 92 % dengan kualifikasi sangat baik. Tanggapan penilaian ahli pembelajaran terhadap pengembangan lagu adalah 96 % dengan kualifikasi sangat baik. Tanggapan penilaian uji coba lapangan terhadap pengembangan lagu adalah 88 % dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, pengembangan lagu sebagai media pendidikan karakter ini dapat membantu meningkatkan keefektifan dan kemenarikan pembelajaran dan membantu mempermudah siswa dalam membentuk karakter islami.

Item Type: Journal Article
Keywords: pengembangan; lagu; pendidikan karakter
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Nuril Nuzulia
Date Deposited: 08 Jul 2022 14:04

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item