Supriyono, Supriyono (2023) Peningkatan usability e-survey layanan Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggunakan metode user centered design. ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, 5 (1). pp. 42-50. ISSN 2715-2731
|
Text
11230.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (880kB) | Preview |
Abstract
Perguruan tinggi merupakan bagian dari salah satu lembaga pendidikan yang perlu ditingkatkan kualitas mutu secara spesifik. Kualitas layanan yang diberikan dapat dilakukan evaluasi dan diidentifikasi melalui survey kepuasan akademik. Hal itu sebagai bahan dasar peningkatan mutu untuk mengetahui apa yang diinginkan mahasiswa khususnya dalam hal pelayanan akademik. Survei layanan akademik meliputi evaluasi kegiatan akademik dan layanan lainnya. Penelitian berikut ini mengusulkan peningkatan Usability e-Survey yang sudah dikembangkan. Berdasarkan hasil evaluasi perlu adanya peningkatan dengan tujuan agar proses evaluasi dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini mengusulkan pendekatan metode User Centered Design (UCD) dalam perancangan e-Survey. Desain sistem e-Survey menggunakan pendekatan user requirement dan pengembangan aplikasi menggunakan framework odoo ERP. Hasil penelitian ini menghasilkan tingkat Usability yang baik dan dapat dijalankan serta menerapkab sebuah metode sistem Usability Scale. Hasil yang diperoleh menunjukkan nilai Usability sebesar 70.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | e-Survey; pendidikan; usability; User Centered Design(UCD) |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080309 Software Engineering 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems |
Divisions: | Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | Supriyono Supriyono |
Date Deposited: | 04 May 2023 23:32 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |