Rancang bangun helm pendeteksi denyut nadi dan pembaca doa perjalanan

Utama, Shoffin Nahwa ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9843-199X, Wahid, Abdul and Karami, Ahmad Fahmi (2022) Rancang bangun helm pendeteksi denyut nadi dan pembaca doa perjalanan. Jurnal Teknoinfo, 16 (2). pp. 443-451. ISSN 1693-0010

[img]
Preview
Text
11250.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (641kB) | Preview
Full text available at: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinf...

Abstract

Kebutuhan helm sebagai alat keselamatan diri dalam berkendara menjadi sesuatu yang wajib bagi para pengendara motor. Era teknologi 4.0 sudah berjalan sudah waktunya implementasi teknologi digital disematkan pada helm guna memberikan nilai tambah manfaat. Pada penelitian ini menawarkan usulan implementasi sistem kontroller yang diintegrasikan dengan helm SNI. Sistem kontroler dilengkapi dengan sensor denyut nadi, motor vibrator dan pengeras suara. Sistem akan memutar doa akan bepergian ketika tali pengaman helm dipasang atau dikunci dengan benar. Sensor diletakkan pada pengait dibagian leher untuk deteksi denyut nadi, kemuadian sistem akan merekam dan mengakumulasi setiap menit denyut nadi. Sistem akan mendeteksi apabila nilai denyut nadi berada dibawah atau diatas ambang batas normal dan sistem akan mengaktifkan motor fibrator guna memberikan peringatan pengemudi yang mengenakan helm tersebut.
Pengujian perangkat dan sistem kontrol pada helm berfungsi dengan baik. Uji coba helm terhadap 5 pengendara sepeda motor dilakukan 5 kali dengan rentang waktu setiap uji coba 179 menit juga berjalan dengan lancar sistem dapat menyimpan log data nadi selama berkendara dan ketika mendeteksi denyut nadi diluar nilai normal maka helm akan mengeluarkan getaran yang membuat pengendara mendapatkan peringatan dini.

Item Type: Journal Article
Keywords: helm; denyut nadi; doa perjalanan; sensor
Subjects: 09 ENGINEERING > 0902 Automotive Engineering > 090204 Automotive Safety Engineering
10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100602 Input, Output and Data Devices
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Shoffin Nahwa Utama
Date Deposited: 12 Jul 2022 09:19

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item