Peneliti itu bukan wartawan atau petugas sensus

Rahardjo, Mudjia (2014) Peneliti itu bukan wartawan atau petugas sensus. Disampaikan pada mata kuliah Metodologi Penelitian, Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Full text)
peneliti.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Minggu lalu, saya menguji disertasi pada ujian tertutup mahasiswa S3 Bidang Studi Manajemen Pendidikan di Program Pascasarjana sebuah Universitas. Selain saya, ada enam penguji lain, sehingga semuanya berjumlah tujuh orang penguji, termasuk promotor dan ko-promotor. Masing-masing penguji diberi kesempatan bertanya pada bagian-bagian yang telah ditentukan oleh ketua sidang, ada yang bagian substansi, metodologi, teori, bahasa dan hal-hal teknis menyangkut teknik penulisan karya ilmiah. Ujian dimulai pukul 09.00 WIB, dan berlangsung sekitar 2,5 jam, diawali dengan pemaparan hasil penelitian secara ringkas oleh mahasiswa calon doktor dalam waktu 15 menit. Ketika memaparkan hasil penelitiannya, mahasiswa itu lancar-lancar saja dan tampak percaya diri. Saya merasa senang karena ujian akan berjalan mulus dan tidak bertele-tele.

Usai pemaparan, pertanyaan dari para penguji dimulai. Satu demi satu pertanyaan bisa dijawab dengan baik. Tetapi ketika sampai penguji ketiga yang menanyakan masalah metode penelitian, melingkupi paradigma, pendekatan, metode dan jenis penelitiannya, mahasiswa itu mulai grogi. Lebih-lebih katika menyangkut bagian analisis data, mahasiswa itu mulai kedodoran karena dianggap kurang mendalam dan datanya kurang memadai sehingga tidak menghasilkan temuan apa-apa. Padahal karya ilmiah setingkat disertasi harus menyumbang ilmu pengetahuan di bidang yang diteliti berupa konsep, syukur bisa menghasilkan teori, yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan nyata (Burns, 1991: 18). Hasil penelitian mahasiswa bidang manajemen pendidikan, misalnya, diharapkan bisa berkontribusi nyata bagi pengembangan ilmu manajemen pendidikan. Begitu juga bidang-bidang yang lain diharapkan menyumbang ilmu pengetahuan baru di bidang yang diteliti, sehingga ilmu pengetahuan semakin hari semakin berkembang karena kontribusi para peneliti. Itu hakikat penelitian, selain untuk memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi manusia, juga untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.

Item Type: Teaching Resources
Divisions: Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters
Depositing User: Faizuddin Harliansyah
Date Deposited: 02 Feb 2017 07:19

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item