Yasin, Ahmad Fatah, Susilawati, Samsul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8312-8151 and Hambali, Muh. (2019) Model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan kualitas belajar mahasiswa di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)
Text
11330.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pengistilahan Blended Learning mulanya digunakan untuk menggambarkan percobaan mata kuliah yang menggabungkan tatap muka dengan online sebagai model pembelajarannya secara sederhana, yang kemudian popularitasnya lebih akrab dikenal sebagai pengkombinasian dari banyak model pembelajaran seperti tatap muka, pembelajaran berbasis computer (offline), dan komputer secara online (internet dan mobile learning). Menelusuri jejak literasinya, digunakannya Blended learning sebagai model pembelajaran telah dikembangkan sejak sekitar tahun 2000 an, dan saat ini banyak digunakan di Amerika Utara, Inggris dan Australia di kalangan perguruan tinggi dan dunia pelatihan. Sementara di Indonesia, kali pertama model pembelajaran ini dikembangkan melalui beragam uji coba dan penelitian oleh Wasis D Dwiyogo yang dikenal sebagai akademikisi yang memiliki kepakaran dibidang Teknologi Pembelajaran.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | model pembelajaran; blended learning; kualitas belajar |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080110 Simulation and Modelling 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080603 Conceptual Modelling |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
Depositing User: | Samsul Susilawati |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 14:16 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |