Pengaruh budaya islami, kemampuan kerja dan kepribadian terhadap kinerja pelayanan karyawan pada Bank Syariah Indonesia (cabang Malang Soekarno-Hatta eks BRIS)

Shidqie, Azzam and Wardana, Guntur Kusuma ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7901-1228 (2022) Pengaruh budaya islami, kemampuan kerja dan kepribadian terhadap kinerja pelayanan karyawan pada Bank Syariah Indonesia (cabang Malang Soekarno-Hatta eks BRIS). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8 (1). pp. 65-75. ISSN 24609471

[img]
Preview
Text
11339.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview

Abstract

Mergernya ketiga perbankan syariah, yaitu Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS), Bank Negara Indonesia Syariah (BNIS) dan Bank Syariah Mandiri (BSM) menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) mengharuskan pihak perbankan membuat budaya baru. Ketiga bank harus menerapan budaya organisasi Islami yang baru disepakati dan tetapkan oleh BSI, termasuk pada BSI KC Malang Soetta (Soekarno Hatta). BSI KC Malang Soetta mempunyai karyawan dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Adapun karyawan di BSI KC Malang Soetta juga mempunya karakteristik yang berbeda beda, sehingga setiap karwayawan mempunyai kemampuan kerja dan kepribadian yang berbeda-beda dalam memberikan pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh budaya Islami, kemampuan kerja dan kepribadian terhadap kinerja pelayanan karyawan pada BSI KC Malang Soetta secara parsial maupun simultan. Populasi yang digunakan adalah masyarakat Kota Malang yang mempunyai UMKM dan tercatat sebagai nasabah selama 6 Bulan di BSI KC Malang Soetta. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 80 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Budaya Islami (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pelayanan karyawan (Y), (2) Kemampuan kerja (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pelayanan karyawan (Y), (3) Kepribadian (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pelayanan karyawan (Y), Budaya Islami (X1), kemampuan kerja (X2) dan kepribadian (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pelayanan karyawan pada BSI
KC Malang Soetta

Item Type: Journal Article
Keywords: budaya islami; kemampuan kerja; kepribadian; kinerja pelayanan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Guntur Kusuma Wardana
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:41

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item