Diseminasi strategi e-marketing produk desa wisata berbasis UMKM Kelurahan Dadaprejo Kabupaten Malang

Meylianingrum, Kurniawati ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0814-7512 Diseminasi strategi e-marketing produk desa wisata berbasis UMKM Kelurahan Dadaprejo Kabupaten Malang. Community Service Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
11371.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi hingga saat ini terus berkembang. Di Indonesia, pengguna internet mencapai 150 juta jiwa dengan penetrasi 56% yang tersebar diseluruh wilayah. Pengguna internet tidak hanya dari kalangan orang dewasa saja, bahkan generasi mileneal hingga generasi Z menggunakan internet sebagai kebutuhan sosial. Dari 56% pengguna internet, 53% diantaranya memanfaatkan internet sebagai penggunaan media sosial. Manfaat lain yang dirasakan dari sisi Usaha Mikro Kecil Menengah dan pengusaha adalah dengan media sosial, maka dapat memasarkan produknya dengan lebih efisien. E-Marketing menjadi salah satu trand media pemasaran yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat untuk medukung berbagai kegiatan yang dilakukan. Perlahan namun pasti masyakarakat mulai meninggalkan model pemasaran konvesional atau tradisional beralih ke pemasaran moderen yaitu digital marketing. Dadaprejo merupakan salah satu kelurahan yang terletak di kecamatan Junrejo, kota Batu yang masuk pada Kecamatan Dau sehingga Kelurahan Dadaprejo merupakan jalur pertama untuk memasuki Kota Batu. Mayoritas penduduk Dadaprejo bekerja sebagai petani dan pedagang. Adapun jenis petani di Dadaprejo dibagi menjadi dua sisi yaitu petani sayur-sayuran dan petani bunga. Masyarakat Dadaprejo sangat produktif dan kreatif. Dapat dilihat dari banyaknya Usaha Mikro Kecil Menengah yang didirikan oleh masyarakat setempat. Namun, Usaha Mikro Kecil Menengah yang terdapat di Desa Dadaprejo masih belum menyebar keseluruh penjuru daerah. Oleh sebab itu, penelitian ini berbasis diseminasi untuk lebih mengenalkan produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah serta mendukung Desa Wisata di Kelurahan Dadaprejo, Kabupaten Malang

Item Type: Community Service
Keywords: e-marketing; desa wisata; UMKM
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Kurniawati Meylianingrum
Date Deposited: 19 Aug 2022 08:35

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item