Manajemen kesesuaian indikator pencapaian kompetensi dengan kompetensi dasar pada rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab Permendikbud 37

Al Farobi, Ahmad Dzulfikar, Ainin, Moh., Muassomah, Muassomah ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0177-8896 and Wicaksono Eko, Bowo (2022) Manajemen kesesuaian indikator pencapaian kompetensi dengan kompetensi dasar pada rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab Permendikbud 37. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1 (3). pp. 203-213. ISSN 2809-2112

[img]
Preview
Text
11461.pdf - Published Version

Download (609kB) | Preview

Abstract

Hadirnya Permendikbud 2018 membawa banyak perubahan khususnya pada penerapannya di 2021/2022. Menyikapi hal ini sekolah dan khususnya para pendidik perlu menyikapi dengan menyesuaikan dalam penyusunan perangkat pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menganalisis Indek Pencapaian Kompetensi (IPK) menggunakan lembar analisis berbentuk checklist dengan kriteria sesuai (S) dan tidak sesuai (TS). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persentase kesesuaian IPK dengan Kompetensi Dasar (KD) secara keseluruhan yaitu 87%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa IPK yang disusun oleh guru sudah sesuai KD.

Item Type: Journal Article
Keywords: indikator pencapaian kompetensi; kompetensi dasar; rencana pelaksanaan pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Muassomah Muassomah
Date Deposited: 07 Sep 2022 09:15

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item