Pengelolaan SDM melalui produk lokal dengan digitalisasi menjadi UMKM tangguh "Qolbi Food Indonesia" pada Desa Karangsentul Kec. Gondangwetan Kabupaten Pasuruan

Khasanah, Umrotul, Fitriyah, Fitriyah, Maharani, Vivin, Pradana, Ayub Wijayati Sapta and Khan, Ryan Basith Fasih ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7840-0010 (2022) Pengelolaan SDM melalui produk lokal dengan digitalisasi menjadi UMKM tangguh "Qolbi Food Indonesia" pada Desa Karangsentul Kec. Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Community Service Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
11602.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan pelaku bisnis yang bergerak pada berbagai bidang usaha yang menyentuh masyarakat. Berdasarkan data BPS (2003), populasi usaha kecil dan menengah (UKM) jumlahnya mencapai 42,5 juta unit atau 99,9 persen dari keseluruhan pelaku bisnis di tanah air. UKM memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja, yaitu sebesar 99,6 persen. Sementara itu, kontribusi UKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 56,7 persen.
Dalam proses pemulihan ekonomi Indonesia, sektor UMKM memiliki peranan yang sangat strategis dan penting yang dapat ditinjau dari berbagai aspek. Pertama, jumlah industrinya yang besar dan terdapat dalam setiap sektor ekonomi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2002, jumlah UMKM tercatat 41,36 juta unit atau 99,9% dari total unit usaha. Kedua, potensinya yang besar dalam penyerapan tenaga kerja. Setiap unit investasi pada sektor UMKM dapat menciptakan lebih banyak kesempatan kerja bila dibandingkan dengan investasi yang sama pada usaha besar. Sektor UMKM menyerap 76,55 juta tenaga kerja atau 99,5% dari total angkatan kerja yang bekerja. Ketiga, kontribusi UMKM dalam pembentukan PDB cukup signifikan yakni sebesar 55,3% dari total PDB. Meski begitu, ada beberapa permasalahan yang sering dialami UMKM di Indonesia dan masih menjadi pekerjaan rumah bagi sektor ekonomi. Jika tidak diatas, maka UMKM yang sedang tumbuh bisa saja kalah bersaing, stagnan, bahkan gulung tikar. Permasalahan tersebut salah satunya adalah pengelolaan SDM. Pengabdian Masyarakat dilakukan pada para pelaku UMKM makanan dan minuman yang terletak pada Desa Karangsentul, Pasuruan. Materi yang disampaikan adalah bagaimana mengelola SDM dan menumbuhkan optimisme pelaku UMKM dalam berbisnis serta strategi-strategi apa saja yang bisa dilakukan untuk mempertahankan eksistensi UMKM, diantaranya dengan mengajukan sertifikasi halal.

Item Type: Community Service
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Ryan Basith Fasih Khan
Date Deposited: 17 Oct 2022 10:06

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item