Managing small business

Aisyah, Esy Nur and Utami, Budi (2021) Managing small business. In: Manajemen UMKM dan Kewirausahaan. Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri, pp. 151-195. ISBN 978-623-98966-0-7 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
11631.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

The world has been flat already adalah ungkapan untuk menunjukkan bahwa sudah tidak ada batasan dalam berbisnis, artinya kita tidak lagi dibatasi oleh tempat, ruang dan waktu. Berbisnis bisa dilakukan kapanpun, dimanapun dan dengan siapapun. Statement tersebut merujuk pada internasionalisasi. Saat ini untuk meningkatkan pertumbuhan usaha yang berkelanjutan, maka internasionalisasi adalah pilihan yang strategis. Ada banyak cara untuk melakukan internasionalisasi usaha, antara lain ekspor/impor, franchising, joint venture ataupun investasi langsung. Strategic policy ini bukan tanpa resiko, banyak pengusaha yang ragu dalam melakukan internasionalisasi disebabkan kendala-kendala yang mungkin dihadapi seperti kendala domestik berupa sikap, informasi dan pembiayaan. Kendala internasional berupa pajak, tarif impor, kuota, dumping bahkan embargo. Perbedaan politik dan budaya juga bisa menjadi faktor penghambat. Untuk meminimalisir akibat dari kendala-kendala tersebut maka dibuatlah kerjasama multilateral dalam bentuk perjanjian perdagangan seperti WTO, NAFTA dan CAFTA-DR. UMKM memiliki peran penting terhadap perekonomian suatu negara. Melalui UMKM tercipta lapangan kerja, peningkatan pendapatan masyarakat dan pengurangan angka kemiskinan. Untuk menghadapi persaingan bebas, fokus UMKM harus ditekankan pada pengembangan kemampuan internal dan menciptakan nilai tambah. Internasionalisasi UMKM menuntut suatu usaha untuk memperhatikan organisasi bisnisnya. Secara umum hambatan terbesar saat ini yang dihadapi oleh UMKM adalah minimnya modal, kurangnya skill yang dimiliki, manajemen yang buruk dan literasi keuangan yang rendah. Untuk menciptakan UMKM yang mempunyai daya saing yang tinggi maka dibutuhkan profesionalisme dalam pengelolaan UMKM. Profesionalisme ini harus dimulai dari hulu sampai hilir tidak peduli apapun bentuk dan ukuran UMKM tersebut. Profesionalisme UMKM mencakup pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dan juga proses produksi. Meskipun UMKM adalah suatu usaha/bisnis kecil tetapi tidak boleh mengabaikan peran SDM. Mengelola SDM bukanlah hal yang mudah. SDM memegang peranan penting terhadap kelangsungan hidup suatu organisasi. Kesalahan dalam mengelola SDM akan berakibat fatal bagi organisasi tersebut. Pengelolaan SDM dimulai dari kegiatan analisa pekerjaan. Melalui analisa pekerjaan akan diketahui SDM dengan kualifikasi apa yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan. Pencarian SDM terbaik bisa dilakukan melalui rekrutmen yang dilanjutkan dengan seleksi. Penempatan SDM adalah proses penugasan SDM didalam organisasi. Pelatihan memacu SDM untuk mengembangkan potensi dirinya. Pada tahap ini tugas organisasi selanjutnya adalah me-maintenance SDM yang dimilikinya melalui pemberian reward dan punishment. Reward diberikan dalam bentuk gaji, kompensasi dan gain sharing. Punishement diberikan dalam bentuk pendisiplinan kerja yaitu teguran dan PHK. Proses produksi memegang peranan tidak kalah penting dengan SDM. Penetapan standar kualitas bahkan dimulai sebelum proses produksi. Pemilihan supplier dan bahan baku, control proses produksi hingga menjaga kualitas output merupakan strategi organisasi untuk mempertahankan kepercayaan konsumen. Proses produksi dan SDM juga tidak bisa dilepaskan dari produktifitas. Pengukuran produktifitas bisa berbeda-beda tergantung pada jenis proses produksi yang digunakan oleh organisasi. Produktifitas UMKM yang menekankan pada labor intensive pasti lebih rendah daripada UMKM yang menerapkan proses produksi capital intensive. Apapun jenis proses produksi yang dipilih, UMKM harus mengedepankan quality circle. Melalui quality circle setiap elemen dalam organisasi akan saling menjaga kualitas pada unit kerjanya masing-masing. Jika hal tersebut dapat terjadi maka profesionslisme pengelolaan UMKM akan terwujud. Sehingga internasionalisasi UMKM bukanlah sekedar impian atau menjadi hal sulit untuk dilakukan.

Item Type: Book Section
Keywords: managing professional business; international small business; professional small business management; human resources management; operation management
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Esy Nur Aisyah
Date Deposited: 20 Oct 2022 14:49

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item