Green chemistry dalam Maqoshid Al Syariah

Yulianti, Eny and Prasetyo, Oky Bagas (2022) Green chemistry dalam Maqoshid Al Syariah. Madza Media, Malang. ISBN 978-623-377-560-1 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
11661.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Green Chemistry digagas oleh para ilmuwan dibidang kimia sebagai upaya pemanfaat seluruah aspek kegiatan kimia lebih ramah lingkungan, sehingga tidak akan berdampak negatif terhadap alam. Kesadaran tersebut barangkali masih didasari oleh panggilan nurani kemanusiaan belaka dan belum sepenuhnya dikaitkan dengan konsep yang ada dalam ajaran agama. Konsep Green Chemistry tersebut sebenarnya sangat selaras dengan ajaran Islam. Dimana manusia sebagai khalifah fil ‘ardhi, selain mempunyai hak untuk memanfaatkan alam juga memiliki kewajiban untuk menjaga kelestarian alam dan menghindari hal-hal yang dapat merusak alam.
Menurut Prof Dr.H. M. Zainuddin, MA, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Masa Jabatan 2021-2025, agama memerintahkan manusia untuk mempelajari alam, mempelajari hukum-hukumnya agar manusia secara alami hidup sesuai dengan tujuan dan asas moral yang di-ridhai Tuhan. Ilmu sebagai alat harus berpedoman pada agama, agar memperoleh kebaikan dan kebahagiaan, karena ilmu tanpa agama akan membawa malapetaka dan penderitaan, begitu sebaliknya agama harus dilengkapi dengan perangkat ilmu dan metodologi.
Oleh karena itu, disinilah penanaman nilai nilai Islam dibutuhkan untuk dapat mengembalikan pemahaman manusia tentang esensi dan eksistensi dirinya sebagaimana yang ditunjukkan dalam ajaran Islam.

Item Type: Book
Additional Information: kritik dan saran ke: No: 081336103625
Keywords: green chemistry; maqoshid al syariah; maqoshid; al syariah; kimia hijau; kimia lingkungan
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0399 Other Chemical Sciences > 039901 Environmental Chemistry (incl. Atmospheric Chemistry)
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Chemistry
Depositing User: Eny Yulianti
Date Deposited: 20 Oct 2022 07:53

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item