Pendampingan desain program pembelajaran bahasa Arab di TPQ Nurul Huda Parangargo Wagir Malang

Fikri, Shofil and Junaidi, Mohammad Rifqi and Hamzah, Hadi Nurdi (2022) Pendampingan desain program pembelajaran bahasa Arab di TPQ Nurul Huda Parangargo Wagir Malang. 000374626.

[img]
Preview
Text
11674.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendampingan desain program pembelajaran bahasa Arab yang bertujuan untuk memberikan dampingan kepada guru-guru TPQ yang ada di wilayah Desa Parangargo Kecataman Wagir Kabupaten Malang ini difokuskan di TPQ Nurul Huda namun juga diikuti oleh guru-guru dari TPQ lain. Pembelajaran bahasa Arab sangat perlu dikembangkan oleh TPQ yang ada di Desa Parangargo karena: 1) Beberapa guru TPQ di Parangargo mempunyai SDM yang cukup untuk bisa menunjang pembelajaran bahasa Arab; 2) kebutuhan lembaga untuk bisa menunjang pemahaman siswa tentang kitab-kitab yang diajarkan untuk memahami materi ke-Islaman dengan menggunakan bahasa Arab; 3) adanya dukungan dari wali santri siswa TPQ yang ingin anaknya diajarkan bahasa Arab selain belajar al-Qur’an. Dengan menggunakan metode interview, ceramah/pemberian informasi, role play, dan Focused Group Dsicussion (FGD) para guru peserta pelatihan sangat antusias, komunikatif dan semakin tertantang untuk mengembangkan pembelajaran bahasa Arab yang ada di TPQ masing-masing. Pelatihan dan pendampingan yang berlangsung selama 2 hari dan 1 hari simulasi pembelajaran bahasa Arab sangat efisien untuk meningkatkan kemampuan para guru TPQ untuk mendesain pembelajaran bahasa Arab yang menarik dan membisakan. Hasil dari penelitian dan pendampingan ini diantaranya adalah : 1) guru-guru TPQ semakin tertantang untuk menyelipkan pembelajaran bahasa Arab di sela-sela mengajarkan al-Qur’an di TPQ yakni dengan mengajarkannya menggunakan media pembelajaran seperti HP dan Laptop secara terbimbing; 2) guru-guru terobsesi untuk membuat modul pembelajaran bahasa Arab bagi siswa TPQ secara kolaboratif dengan beberapa guru TPQ lain. 3) Kepuasan peserta pelatihan terhadap materi, pemateri, dan program Qaryah Thayyibah menunjukkan dampak yang signifikan untuk kegiatan yang diadakan oleh LP2M dalam membentuk masyarakat yang baik.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: desain; program pembelajaran bahasa Arab; TPQ Nurul Huda
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies
Divisions: Faculty of Sharia and Law > Department of Sharia Business Law
Depositing User: Shofil Fikri
Date Deposited: 21 Oct 2022 08:34

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item